Tips Menjaga Kesehatan Mata Dengan Konsumsi Makanan Berikut

Menjaga kesehatan mata merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa mata merupakan salah satu indera yang berperan untuk melihat. Jika kesehatan mata terganggua maka hal ini bisa mengakibatkan terganggunya penglihatan dan bahkan kita tidak bisa beraktivitas dengan baik. Menjaga kesehatan mata bukanlah perkara yang sulit. Banyak sekali hal yang bisa dilakukan guna menjaga kesehatan mata. Namun seringkali banyak orang yang tidak menyadarinya sehingga mengabaikan dan baru menyadari setelah mengalami gangguan pada mata.

Salah satu menjaga kesehatan mata yaitu dengan memperhatikan konsumsi makanan yang kita konsumsi setiap hari. Mungkin kita tidak asing lagi dengan jenis makanan untuk kesehatan mata yaitu dari jenis sayuran berupa wortel. Sayuran yang berwarna orange ini mengandung beta karoten yang akan diubah menjadi vitamin A guna menjaga kesehatan mata. Mengkonsumsi wortel secara teratur memang berguna untuk menjaga kesehatan mata dna mencegahnya dari kerusakan.

Namun sebaiknya kita jangan hanya terfokus pada wortel saja, karena masih banyak jenis makanan lainnya yang sebenarnya bisa membantu menjaga kesehatan mata. Apa saja jenis makanan selain wortel untuk menjaga kesehatan mata? Berikut ini penjelasannya!

Jenis Makanan Selain Wortel Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Telur

Selain wortel, telur menjadi salah satu makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini karena kuning telur mengandung zeaxanthin dan lutein yang merupakan zat antioksidan untuk mencegah kerusakan pada mata. Konsumsi telur secara rutin akan menjaga kesehatan mata dan mempertajam penglihatan.

Sayuran Berwarna Hijau

Sayuran berwarna hijau juga kaya akan kandungan zeaxanthine dan lutein sebagai antioksidan yang akan mencegah radikal bebas penyebab kerusakan pada mata.

Kacang Almond

Ganti camilan Anda sehari-hari dengan makanan yang lebih sehat yaitu kacang Almond. Jenis kacang ini kaya akan kandungan vitamin E sebagai antioksidan untuk memperbaiki kerusakan sel-sel pada tubuh termasuk pada mata. Daripada konsumsi camilan berlemak jahat, lebih baik konsumsi camilan almond.

Jeruk dan Beri

Buah-buahan yang kaya akan vitamin C ini bermanfaat untuk mengurangi risiko degenerasi pada makula atau katarak. Konsumsi buah-buahan setiap hari memang sangat dianjurkan guna menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit terutama pada mata. Selain buah jeruk dan buah beri, konsumsi juga jenis buah lainnya, karena pada dasarnya jenis buah-buahan kaya akan kandungan vitamin C sebagai antioksidan.

Ikan

Konsumsilah jenis ikan yang mengandung lemak baik seperti ikan tuna, salmon, makarel dan juga tongkol. Jenis ikan tersebut kaya akan kandungan lemak baik berupa omega-3 DHA yang berguna sebagai antioksidan dalam menjaga kesehatan tubuh seperti bagian mata.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Menjaga kesehatan bukan perkara yang sulit untuk dilakukan, hanya perlu kesadaran untuk melakukannya. Perhatikan pola makan sehat setiap hari, utamakan makanan yang sehat dan bergizi, hindari kebiasaan yang bisa merusak mata seperti menatap layar komputer atau gadget terlalu lama dan biasakan untuk berolahraga guna memperkuat imun tubuh.

Ketajaman penglihatan memang akan menurun seiring dengan bertambahnya usia, Namun hal tersebut bisa diperlammbat denngan menerapkan pola hidup sehat. Jangan malas untuk hidup sehat. Mulai saat ini juga untuk melakukannya. Jangan tunggu esok atau lusa atau Anda sadar ketika kesehatan Anda sudah terganggu. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517