Tips Menjaga Kesehatan: Kurangi Asupan Garam Untuk Kesehatan Tubuh

Tips menjaga kesehatan. Garam merupakan salah satu bumbu penyedap yang banyak digunakan dalam setiap jenis masakan. Bahkan hampir setiap makanan yang kita konsumsisetiap hari mengandung garam meskipun dalam kadar rendah. Namun, konsumsi garam sebisa mungkin sebaiknya dikontrol karena bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Asupan garam yang terlalu banyak bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti serangan jantung, hipertensi dan stroke. Dalam sebuah riset menemukan bahwa garam yang dikonsumsi akan memberikan efek negatif terhadap tekanan darah. Tekanan darah yang tidak normal akan menyebabkan masalah pada jantung, otak, ginjal dan arteri.

Bagi Anda yang sedang menjalani proses pengobatan medis, konsumsi garam yang berlebihan akan menghambat kinerja obat sehingga tekanan darah menjadi kurang optimal. Pentingnya membatasi asupan makanan yang mengandung kadar garam tinggi harus dilakukan sejak dini sebelum akhirnya menimbulkan masalah yang lebih fatal terhadap kesehatan tubuh.

Berikut Beberapa Organ Tubuh Yang Mengalami Gangguan Akibat Asupan Garam Yang Tak Terkontrol

  1. Otak

Asupan garam yang terlalu tinggi akan menyebabkan gangguan arteri ke otak. Gangguan awal yang terjadi yaitu penurunan jumlah darah yang menuju ke otak sehingga menyebabkan dimensia vaskuler. Sel-sel otak tidak akan bekerja dengan baik seperti seharusnya karena tidak menerima pasokan nutrisi dan oksigen yang mencukupi. Nah, kondisi tersebut yang akan menyebabkan otak tidak lagi bisa berfungsi dengan baik dan juga beresiko terhadap penyakit stroke.

  1. Hati

Organ vital selanjutnya oyang terkena dampak negatif asupan garam berlebih yaitu hati. Garam akan menghambat sirkulasi darah menuju ke jantung. Nah, hal ini akan menyebabkan sel-sel hati tidak bisa bekerja dengan bauik karena pasokan oksigen dan nutrisi terbatas. Hal inilah yang menyebabkan organ hati tidak lagi bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

  1. Ginjal

Cairan yang tidak diperlukan oleh tubuh akan dikeluarkan melalui urin setelah diproses oleh ginjal. Dalam proses tersebut ginjal menggunakan tambahan air di dalam darah yang memerlukan keseimbangan kalium dan natrium untuk membantu menarik air dari dinding sel dan aliran darah. Jika asupan garam terlalu berlebih maka hal ini akan mengganggu keseimbangan kalium dan natrium. Dampaknya yaitu terhadap kinerja ginjal yang akan mengalami penurunan.

Ginjal akan mengalami tekanan ekstra pada pembuluh darah halus dan jika kondisi tersebut terus berlangsung maka kemungkinan ginjal tidak memiliki kemampuan untuk menyaring limbah tubuh. Resiko terburuknya yaitu penyakit ginjal dan kerusakan permanen pada ginjal.

  1. Arteri

Garam berlebih akan menyebabkan tekanan darah meningkat sehingga berdampak terhadap arteri. Ruang didalam arteri akan mengalami penyempitan sehingga tekanan darah meningkat drastis. Penyempitan tersebut lama kelamaan akan menyumbat sirkulasi darah yang mengakibatkan terbatasnya suplai nutrisi dan oksigen untuk tubuh.

Demikian beberapa hal yang perlu Anda waspadai dari dampak buruk konsumsi garam terlalu berlebih. Mulailah untuk membatasi asupan makanan yang mengandung kadar garam terlalu tinggi untuk mencegah penyakit berbahaya yang mengancam kesehatan Anda.

Related Posts

Share This