Tips Menjaga Kesehatan Dengan Melakukan Perubahan Kecil

Perubahan kecil dalam membentuk pola hidup sehat pada dasarnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Yang menjadi permasalahan dalam hal ini adalah tingkat kesadaran untuk melakukan hal tersebut masih sangat rendah. Membiasakan tidur cukup, mengkonsumsi makanan bergizi dan berolahraga adalah salah satu tips menjaga kesehatan.

Kebiasaan kecil yang terkadang kita anggap remeh ternyata bisa membawa dampak positif untuk kesehatan. Hal ini lebih sering tidak kita sadari sehingga tidak pernah mau untuk melakukan aktivitas tersebut dalam kehidupan sehari-hari yang sebenarnya akan membawa manfaat jika dijalani dengan teratur. Apa saja perubahan kecil yang bisa membawa dampak positif bagi kesehatan?

Berikut Ini Beberapa Perubahan Kecil Yang Berguna Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Membiasakan Sarapan

Seringkali banyak orang yang mengabaikan sarapan pagi. Padahal sebenarnya aktivitas tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan dalam jangka panjang. Mulai sekarang cobalah untuk melakukan perubahan kecil tersebut dengan meluangkan waktu sekitar 5 – 15 menit untuk menyantap makanan di pagi hari. Konsumsilah makanan yang bisa memberikan energi bagi tubuhb sehingga lebih siap untuk beraktivitas. Salah satunya yaitu roti atau sereal gandum dengan segelas susu.

  1. Racikan Kopi Sendiri

Bagi Anda penggemar kopi, sebaiknya meracik sendiri daripada menggunakan kopi hasil racikan pabrik. Hal ini bertujuan untuk mengontrol kadar gula. Kopi rendah kandungan gula yang dikonsumsi secara teratur serta tidak berlebihan akan memberikan manfaat untuk tubuh. Bahkan jika diminum pagi hari sebelum bekerja maka akan membangkitkan mood Anda untuk lebih bersemangat dalam beraktivitas.

  1. Berjalan Kaki

Biasakan untuk berjalan kaki secara rutin untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan jantung. Meskipun Anda sibuk dengan pekerjaan, namun sebaiknya menyempatkan waktu untuk melakukan aktivitas ringan ini. Minimal dua kali dalam seminggu Anda melakukan aktivitas sehat ini.

  1. Makan Lebih Sering

Perubahan kecil selajutnya yaitu lebih sering makan. Jangan membiasakan menunda waktu makan karena hal ini bisa memicu penumpukan lemak di tubuh dam menyebabkan nafsu makan tidak terkontrol sehingga berdampak buruk bagi kesehatan.

  1. Tambahkan Perasa Alami Pada Air Minum

Penuhi kebutuhan cairan untuk tubuh dengan rutin mengkonsumsi air putih minimal 2 liter atau 8 gelas setiap harinya. Tambahkan juga perasa alami seperti perasan air jeruk atau lemon untuk menambah rasa dan membuat Anda tidak bosan.

  1. Mendengarkan Musik Klasik Saat Makan

Mendengarkan musik klasik saat makan berguna untuk mengatur intensitas/kecepatan Anda. Secara tidak langsung hal ini bertujuan supaya Anda tidak terburu-buru. Dengan begitu maka proses mengunyah makanan akan berlangsung dengan baik yang memungkinkan penyerapan nutrisi lebih maksimal.

Mudah bukan? Cobalah untuk menerapkan kebiasaan tersebut mulai saat ini untuk memperoleh tubuh yang sehat dan bugar. Semoga bemanfaat!

Related Posts

Share This