Tips Menjaga Kesehatan Dengan Cara Membatasi Asupan Garam

Hampir setiap jenis olahan makanan tentunya menggunakan garam sebagi pelengkap rasa. Tanpa garam memang masakan tidak akan terasa gurih dan nikmat. Namun jika asupan garam terlalu berlebihan maka hal ini sangat beresiko terhadap kesehatan seperti hipertensi dan serangan jantung. Hal ini tentunya sangat beresiko terhadap keselamatan jiwa Anda jika terus menerus dilakukan. Oleh karena itu pada kesempatan ini penulis akan berbagi tips menjaga kesehatan dengan membatasi asupan garam.

Dalam program pengobatan, mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar garam tinggi tentunya akan berpengaruh terhadap hal tersebut. Garam akan menghambat kinerja obat sehingga tidak akan berpengaruh apa-apa bagi tubuh. Bagi Anda yang belum mengetahui dampak buruk yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi garam terlalu banyak, simak ulasan berikut ini!

Dampak Asupan Garam Berlebih Bagi Kesehatan

  • Ginjal

Ginjal tergolong salah satu organ tubuh bagian dalam yang fungsinya sangat penting. Ginjal akan menyaring darah untuk menghilangkan racun-racun berbahaya bagi tubuh. Sebagian hasil dari metabolisme tersebut akan dibuang melalui urin dan keringat. Jika Anda mengkonsumsi garam dalam jumlah yang terbilang cukup banyak maka hal ini akan mempengaruhi keseimbangan natrium dan kalium di dalam darah sehingga berdampak terhadap kemampuan ginjal untuk membuang air.

Kondisi tersebut yang akan menyebabkan tekanan darah tinggi sebab adanya cairan ekstra pada pembuluh darah yang menuju ke ginjal. Jika kondisi ini berlangsung lama dan terus menerus maka akan merusak fungsi dan kinerja ginjal secara perlahan. Bahkan ginjal tidak akan mampu lagi untuk menyaring racun-racun dari sisa metabolisme tubuh.

  • Hati

Dampak negatif selanjutnya yaitu merusak fungsi hati. Hal ini berawal dari kerusakan paa arteri yang menyebabkan darah tinggi. Aliran darah yang terganggu tentunya akan mempengaruhi sel-sel di dalam hati sehingga menurunkan fungsinya. Jika hal ini terus berlangsung maka secara perlahan akan menyebabkan kerusakan yang berakibat fatal.

  • Arteri

Asupan garam yang berlebih akan meningkatkan tekanan darah ekstra pada arteri. Hal ini akan memperkecil ruang pada arteri sehingga meningkatkan tekanan darah. Bahkan penyempitan tersebut beresiko terhadap penyumbatan. Akibat fatal yang ditimbulkan yaitu pasokan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh akan terhambat sehingg secara perlahan akan menyebabkan kerusakan di beberapa bagian organ tubuh.

  • Otak

Arteri yang menyempit akan membuat aliran darah ke otak terganggu. Kondisi ini menyebabkan jumlah darah yang masuk ke otak semakin sedikit dan pada akhirnya mengakibatkan demensia. Sel-sel otak tidak akan lagi bekerja dengan baik karena tidak menerima asupan nutrisi dan oksigen dalam jumlah yang mencukupi.

Demikian beberapa dampak negatif akibat asupan garam yang berlebih. Bersikap bijaklah dalam menambahkan garam ke dalam masakan dan hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar garam tinggi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517