Tips Menjaga Kesehatan Bayi yang Baru Lahir

Merawat dan menjaga kesehatan bayi yang baru lahir sangat penting, sebab bayi yang baru lahir masih sangat rentan terkena serangan penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya masih lemah. Merawat serta menjaga kesehatan bayi memang bukan hal yang mudah, untuk itu di perlukan pengetahuan tentang bagaimana merawat bayi yang baik supaya bayi tidak mudah terserang penyakit. Pada kesempatan ini kita akan berbagi tips menjaga kesehatan bayi yang baru lahir.

Tips merawat bayi yang baru lahir

Beberapa Tips Untuk Menjaga Kesehatan Bayi Yang Baru Lahir

  • Membersihkan tali pusat

Tali pusat merupakan bagian yang sangat penting untuk di jaga kebersihannya karena bagian ini sangat rentan sekali terjadinya infeksi apabila kebersihannnya tidak di jaga. Ketika tali pusat belum putus dan terkena air pada waktu memandikan bayi, sebaiknya segera keringkan dengan menggunakan kain kasa atau cotton buds yang bersih dan steril.

 Membersihkan tali pusat sebaiknya menggunakan air matang saja dan tidak di anjurkan untuk menggunakan alkohol. Tali pusat di biarkan supaya tetap terbuka dan tali pusat harus tetap di jaga supaya tetap kering dan tidak terjadi infeksi. Tali pusat akan putus 1 – 2 minggu stelah bayi lahir.

  • Merawat kulit

Merawat kulit bayi baru lahir bisa di lakukan dengan memandikan bayi sekali sehari saja sebab bayi belum tahan terhadap dinginnya air. Ketika memandikan sebaiknya gunakan sabun yang mengandung pro-vitamin B5 karena itu sangat bagus untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit bayi.

 Supaya kulit bayi tetap lembab, lembut, halus dan terhindar dari lecet sebaiknya anda menggunakan baby oil yang mengandung vitamin E. Mencegah biang keringat pada bayi bisa dilakukan dengan memakaikan bedak khusus yang mengandung pro vitamin B5. Ketika bayi berkeringat sebaiknya segera lap dengan tisu yang bersih dan tanpa alkohol supaya kulit bayi tetap bersih.

  • Merawat mata

Membersihkan area sekitar mata bisa di lakukan dengan melakukan pemijatan halus oleh jari pada sudut mata bayi untuk membersihkan air mata yang tergenang supaya tidak menjadi sarang kuman. Selain dengan pemijatan anda juga bisa melakukannya dengan memakai cotton buds yang di basahi air. Lakukan pemijatan dari sudut mata menuju ke arah hidung. Kemudian untuk membersihkan kotoran mata bisa menggunakan kapas steril. Hal yang perlu di ingat dalam membersihkan area mata adalah harus selalu menggunakan kapas yang bersih dan steril supaya tidak menyebabkan infeksi kuman.

  • Merawat Hidung

Dalam membersihkan kotoran hidung pada bayi sebaiknya anda tidak menggunakan cotton buds atau jari karena itu akan membuat kotoran terdorong ke dalam hidung bayi. Pada dasarnya bagian dalam hidung sudah mempunyai pembersih sendiri.

Apabila bayi mengalami pilek dan pernafasannya tersumbat, maka anda sebagai ibu bisa membersihkan lendir itu dengan cara menghisapnya pelan-pelan atau bisa juga menggunakan aspirator untuk hidung bayi. Cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan menutup sebelah lubang hidung bayi kemudian sebelahnya dihisap supaya lendirnya bersih. Hal itu bisa di lakukan bergantian untuk yang sebelahnya.

  • Merawat kulit kepala dan rambut

Kerak pada kulit kepala biasanya muncul pada bayi yang baru lahir. Untuk membersihkannya anda bisa menggunakan baby oil  atau air matang yang telah di campur obat dari dokter. Lakukan pemijatan halus karena kerak tersebut akan mudah mengelupas.

 Perawatan rambut bayi bisa menggunakan shampoo yang mengandung pro vitamin B5 supaya rambutnya tetap sehat dan subur. Pada waktu memandikan hindari supaya shampoo tidak mengenai mata bayi.

  • Membersihkan telinga

Kotoran telinga hanya boleh di bersihkan apabila kotoran tersebut sudah terlihat di dekat pintu telinga (ujung lubang bagian luar) dan jangan membersihkan bagian dalam telinga. Untuk membersihkan kotoran itu anda bisa menggunakan cotton buds yang telah di basahi air hangat.

  • Membersihkan kuku

Kuku bayi bisa anda bersihkan atau di gunting ketika bayi sedang tidur. Membersihkan kuku bayi penting di lakukan supaya tidak melukai saat bayi menyentuh bagian wajah atau anggota tubuh lainnya.

  • Merawat bokong bayi

Pada area bokong biasanya bayi mudah iritasi karena lembab akibat bersentuhan dengan popok. Menjaga Kesehatan untuk bayi pada daerah sekitar bokong sangat penting dilakukan supaya bayi tidak mengalami iritasi dan penyakit kulit di sekitar bokong.

Supaya bayi tidak mengalami masalah iritasi pada daerah sekitar bokong sebaiknya anda memperhatikan penggunaan popok bayi. Untuk mencegah iritasi sebaiknya penggunaan diapers/pampers tidak di pakai sepanjang hari, tapi cukup pada waktu bepergian ataupun tidur pada waktu malam saja. Alangkah lebih baiknya sesekali biarkan bokong bayi terbuka supaya tidak lembab dan tidak terjadi iritasi. Selain itu suhu ruangan juga penting untuk diperhatikan supaya bayi tidak mudah berkeringat dan lembab.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517