Tips Menjaga Kesehatan Anak

Menjaga dan merawat kesehatan anak merupakan tugas dan tanggung jawab anda sebagai orangtua. Kondisi cuaca saat ini yang tidak menentu membuat anak rentan terkena berbagai macam penyakit. Hal ini disebabkan karena sistem kekebalan tubuh (sistem imun) anak masih belum sempurna dan kurangnya pemahaman anak kecil tentang bagaimana menjaga kesehatan. Oleh karena itu anda sebagai orangtua harus mengajarkan sejak dini tentang cara menjaga kesehatan pada anak-anak. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan dalam menjaga kesehatan anak.

Tips menjaga kesehatan anak

Biasakan Menjaga Kebersihan Anak

Kuman dan penyakit akan sangat mudah berkembang pada tempat yang kotor. Maka dari itu supaya anak terhindar dari kuman dan penyakit, Anda selaku orangtua harus memperhatikan dan menjaga kesehatan anak. Kebersihan anak harus di jaga mulai dari kebersihan gigi, kuku serta anggota tubuh lainnya dan juga kebersihan makanan yang mereka makan serta pakaian yang di pakai. Apabila beberapa hal itu tidak di jaga maka anak akan rentan sekali terserang penyakit.

Perhatikan Gizi dan Pola Makan Anak

Menjaga pola makan anak dan mencukupi semua vitamin dan nutrisi lainnya harus terpenuhi. Selain itu, porsi makan anak setiap harinya harus pas dan seimbang. Mencukupi nutrisi untuk anak bisa dilakukan dengan memberikan makanan 4 sehat 5 sempurna. Apabila gizi anak tercukupi maka anak tidak akan rentan terkena penyakit. Hindari makanan yang instan atau snack karena itu tidak mengandung gizi.

Berikan Waktu Istirahat yang Cukup Untuk Anak

Masa kanak-kanak merupakan masa pertumbuhan. Istirahat yang cukup akan membantu dalam proses pertumbuhan karena aktivitas pertumbuhan terjadi ketika istirahat atau tidur. Istirahat merupakan hal penting bagi anak-anak untuk meringankan beban otaknya. Supaya anak tidak rentan terkena virus dan penyakit maka biasakan agar anak memiliki waktu istirahat yang cukup. Berikan waktu untuk istirahat tidur siang 1 jam dan tidur malam selama 8 jam.

Terapkan Kebiasaan Untuk Selalu Mencuci tangan

Mengajarkan anak untuk senantiasa menjaga kesehatan anggota tubuh akan menghindarkan mereka dari penyakit. Ajarkan pada anak untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun setelah mereka buang air dan sebelum makan. Hal ini supaya anak terhindar dari diare atau penyakit lainnya yang di akibatkan oleh kuman yang menempel di tangan.

Makan Buah

Kandungan vitamin dan nutrisi lainnya sangat berlimpah di dalam buah. Supaya anak selalu sehat dan terhindar dari penyakit maka biasakan untuk memberikan buah pada anak anda. Buah bisa diberikan langsung atau di sajikan dalam bentuk jus supaya anak-anak lebih tertarik dan mau makan buah.

Madu

Khasiat madu sangat banyak untuk menjaga kesehatan. Memberikan madu secara teratur untuk anak sangat baik untuk kesehatannya karena bisa membuat daya tahan tubuh anak menjadi lebih kuat serta tahan terhadap serangan virus dan penyakit. Madu mengandung seluruh vitamin yang sangat di butuhkan oleh anak seperti vitamin E, vitamin, K, vitamin D, vitamin B6, vitamin B5, vitamin B3 dan vitamin A. madu juga sangat bagus untuk pertumbuhan otak dan pencernaan anak.

Ajarkan Supaya Anak Menyukai Sayuran

Manfaat sayuran selain membantu pertumbuhan pada anak-anak, sayuran juga sangat bagus untuk sistem kekebalan tubuh anak. Sayuran sangat berperan penting dalam kesehatan gigi, gusi, tulang, otot serta kulit. Mengajarkan dan membiasakan sejak dini supaya anak makan sayur akan menjaga kesehatan tubuh mereka. Kebanyakan biasanya anak-anak susah untuk makan sayur, maka dari itu peran serta anda sebagai orangtua sangat di perlukan.

Melakukan Pemeriksaan Rutin ke Dokter

Supaya kesehatan dan pertumbuhan anak anda terpantau maka lakukan pemeriksaan ke dokter dan berkonsultasi seputar pertumbuhannya.

Beberapa tips kesehatan anak diatas bisa diterapkan sejak dini untuk senantiasa menjaga dan merawat kesehatan anak anda supaya terhindar dari penyakit. Mengajarkan dan membiasakan anak untuk hidup sehat akan membuat pertumbuhannya tidak akan mengalami gangguan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517