Tips Menjaga Kesehatan Agar Terhindar Dari Penyakit Di Musim Pancaroba

Pergantian musim memang selalu membawa dampak positif dan juga dampak negatif. Akhir-akhir ini kondisi cuaca memang tidak menentu dan berubah-ubah. Kadang panas dan tiba-tiba hujan begitu saja. Peralihan musim atau pancaroba memang sedang terjadi. Bahkan saat ini bisa dikatakan bahwa perubahan musim sangat dipengaruhi oleh beberapa kondisi di bumi atau yang disebut dengan pemanasan global. Kondisi inilah yang menyebabkan perubahan musim tidak menentu.

Pada kondisi cuaca yang berubah-ubah tak menentu, terkadang kondisi badan juga ikut terpengaruh. Terlebih lagi jika sistem imun tidak bisa menangkal virus perubahan musim sehingga membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit. Daya tahan tubuh yang menurun menyebabkan perubahan kondisi kesehatan secara drastis.

Lalu bagaimana upaya untuk menangkal penyakit di musim pancaroba? Jawabannya sangat simple yaitu dengan meningkatkan imunitas tubuh. Bagaimana cara untuk meningkatkan imunitas tubuh? Caranya yaitu dengan memperbanyak konsumsi makanan yang bergizi terutama yang mengandung antioksidan tinggi. Selain itu, lakukan olahraga secara teratur. Cara ini memang terlihat sepele namun manfaatnya akan sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Berikut Ini Beberapa Cara Untuk Menangkal Penyakit Di Musim Pancaroba
  1. Perhatikan Asupan Nutrisi

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh supaya terhindar dari penyakit di musim pancaroba yaitu dengan memperhatikan asupan nutrisi untuk tubuh. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung nutrisi seperti vitamin, mineral dan juga antioksidan. Sebaiknya hindari makanan yang berlemak seperti gorengan, makanan cepat saji dan lainnya. Perbanyaklah konsumsi buah dan sayur yang kaya akan antioksidan.

  1. Terapkan Kebiasaan Cuci Tangan

Penularan kuman, virus dan bakteri bisa terjadi melalui tangan. Salah satu upaya untuk mencegah penyakit yang diakibatkan oleh mikroorganisme tersebut tiada lain yaitu dengan menerapkan gaya hirup sehat dengan membiasakan mencuci tangan sebelum makan dan setelah buang air. Biasakan cuci tangan dengan cara yang baik dan benar menggunakan sabun. Selain itu usahakan untuk mencuci tangan di air yang mengalir.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Selanjutnya yaitu perbanyak minum air putih. Kekurangan cairan tubuh dapat dengan mudah menyebabkan penyakit. Oleh karena itu sebaiknya perbanyak minum air putih untuk menjaga kesehatan tubuh. Biasakan minum air putih sebanyak 2 liter setiap harinya. Dengan begitu maka daya tahan tubuh tidak akan mudah rapuh terserang penyakit yang diakibatkan virus atau bakteri.

  1. Istirahat Cukup

Istirahat sangatlah penting untuk menjaga sistem imun tubuh. Jika kurang waktu istirahat maka cenderung sistem imun akan mengalami penurunan dan lebih mudah terserang penyakit. Usahakan untuk tidur tepat waktu dan penuhi waktu tidur setiap harinya yaitu 8 jam.

  1. Olahraga

Olahraga adalah salah satu cara untuk meningkatkan imun tubuh. Lakukan olahraga secara rutin dan juga teratur. Jika Anda terlalu sibuk untuk melakukannya maka minimal 2 kali dalam seminggu dengan intensitas olahraga ringan seperti jogging atau lari santai. Cara sederhana ini sangat bermanfaat bagi tubuh Anda.

Nah, demikian beberapa cara simple untuk mencegah penyakit pada musim pancaroba. Jika Anda masih saja terkena penyakit maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dan minta saran dokter untuk mencegah penularan penyakit tersebut. Gaya hidup sehat akan menjadikan kehidupan selalu terhindar dari penyakit. Mulailah dari saat ini untuk kesehatan Anda di masa yang akan datang. Jangan tunggu hingga tubuh terkena penyakit karena pada dasarnya lebih baik mencegah daripada mengobati. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This