Tips Menjaga Kehamilan Kembar

Manjaga kehamilan. Memiliki bayi kembar menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri dalam sebuah pernikahan. Bahkan banyak orang yang melakukan berbagi cara untuk memperoleh bayi kembar. Namun tahukah Anda bahwa memiliki bayi kembar memerlukan perlakuan dan perawatan khusu pada waktu hamil. Banyak hal yang perlu Anda lakukan untuk mengoptimalkan perkembangan bayi kembar sejak dalam kandungan.

Sebagian orang mengharapkan kehamilan kembar, namun ada juga sebagian yang merasa kerepotan ketika memperoleh kehamilan tersebut. Cara menjaga kehamilan kembar tentunya berbeda dengan kehamilan pada umumnya. Hal ini karena janin di dalam kandungan lebih dari satu sehingga kebutuhan nutrisi pun lebih banyak.

Faktor yang menentukan seseorang mendapatkan kehamilan kembar yaitu proses pembuahan dan faktor genetik. Kesuburan rahim dan kualitas sperma yang menyebabkan seseorang mendapatkan kehamilan kembar. faktor makanan juga berpengaruh terhadap kehamilan kembar. Bagi wanita yang suka mengkonsumsi umbi-umbian seperti singkong atau ubi jalar sangat memungkinkan untuk memperoleh bayi kembar.

Hamil bayi kembar memerlukan perawatan khusus. Nah, salah satu caranya yaitu dengan memberikan asupan makanan bergizi. Wanita dengan kehamilan kembar tentunya membutuhkan asupan nutrisi lebih banyak daripada hamil pada umumnya.

Mengkonsumsi makanan bergizi selama hamil menjadi salah satu kunci untuk memperoleh bayi kembar yang sehat. Secara umum wanita dengan kehamilan kembar harus mengkonsumsi makanan dengan konsep empat sehat lima sempurna.

Adapun untuk porsi makan selama menjalani kehamilan kembar sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan takaran makanan sehingga kelengkapan nutrisi untuk janin akan terpenuhi.

Disamping faktor makanan, untuk menjaga kehamilan kembar sebaiknya Anda rutin untuk melakukan olahraga. Berkonsultasilah dengan dokter tentang jenis olehraga yang aman untuk Anda lakukan. Jenis olahraga seperti berenang, berjalan kaki, yoga ataupun meditasi bisa menjadi pilihan Anda.

Jenis olahraga yang dilakukan pada waktu hamil sebaiknya tidak menyebabkan kelelahan yang akan berdampak terhadap perkembangan dan kesehatan janin di dalam kandungan. Olahraga yang dilakukan sebaiknya dengan intensitas rendah namun secara rutin.

Adapun tips lain yang bisa anda lakukan dalam menjaga kehamilan kembar yaitu sebagai berikut:

  1. Terapkanlah gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Hindari kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi makanan berlemak tinggi, junkfood, alkohol maupun minuman bersoda. Selain itu, hindari pula paparan asap rokok.
  2. HIndari stres dan depresi. Stres bisa mempengaruhi kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Bahkan pada kondisi yang lebih buruk, stres bisa memicu terjadinya kelahiran secara prematur.
  3. Lakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter untuk memantau kondisi kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Pemeriksaan rutin sangat berguna untuk mencegah terjadinya berbagai kelainan pada kehamilan Anda.

Apabila mengetahui cara untuk menmjaga dan melakukan perawatan, maka menjalani kehamilan kembar bukan lagi sebagai perkara yang sulit. Kehamilan kembar akan menjadi kebahagiaan dan sesuatu yang menyenangkan bagi Anda.

Related Posts

Share This