Tips Meningkatkan Asupan Makanan Mengandung Zat Besi Untuk Ibu Hamil

Makanan yang mengandung zat besi merupakan salah satu komponen penting, terutama bagi ibu hamil untuk mencegah resiko anemia. Kekurangan asupan zat besi selama hamil memang sangat beresiko terhadap kesehatan ibu hamil dan janin. Jika tidak segera ditangani maka kemungkinan akan menyebabkan berat badan bayi rendah, kelahiran prematur atau bahkan kematian mendadak akibat kekurang oksigen.

Maka dari itu, ibu hamil hendaknya mencukupi asupan makanan yang mengandung zat besi sepeti dari kelompok sayuran ataupun daging. Nah, berikut ini ada beberapa tips mudah untuk meningkatkan asupan zat besi selama hamil.

Inilah Tips Untuk Meningkatkan Asupan Zat Besi Pada Ibu Hamil

  1. Perbanyaklah konsumsi jenis sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, sawi dan jenis sayuran hijau lainnya.
  2. Ketika memasak, gunakan rempah-rempah seperti daun salam, kunyit dan biji jintan. Selain menambah citarasa masakan, rempah tersebut juga berguna untuk kesehatan ibu hamil.
  3. Gunakan roti gandum utuh untuk membuat sandwich sebagai cemilan sehat pada waktu hamil. Kandungan zat besi pada gandum berguna untuk menjaga produksi sel darah merah.
  4. Konsumsilah kedelai dan produk olahannya seperti tempe atau susu kedelai. Kedelai mengandung zat besi cukup tinggi sehingga ideal untuk ibu hamil.
  5. Daging sapi tanpa lemak bisa menjadi salah satu pilihan untuk meningkatkan asupan zat besi. Konsumsi daging sapi dengan porsi yang tepat.

Cara lain dalam upaya untuk mengingkatkan asupan zat besi pada ibu ohamil yaitu dengan mengkonsumsi camilan-camilan sehat. Diantaranya yaitu kurma, sereal yang mengandung zat besi, kacang-kacangan, biji labu dan wijen.

Selain itu, konsumsi makanan yang mengandung vitamin C karena bermanfaat untuk menunjang penyerapan zat besi kedalam tubuh. Konsumsi buah-buahan seperti jeruk, jambu biji, mangga dan buah kaya vitamin C lainnya.

Baca Juga:  Tips Cantik Memilih Baju Hamil yang Nyaman Digunakan

Apabila Anda sering merasa sering kelelahan pada waktu hamil maka sebaiknya periksakan ke dokter untuk mencegah resiko oterkena anemia. Selain dengan mengkonsumsi makanan tinggi zat besi, perhatikan juga asupan cairan dengan mengkonsumsi air putih minimal 2 liter per hari.

Ada beberapa sumber nutrisi lain yang bisa menghmabat penyerapan zat besi seperti kalsium. Maka dari itu jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi sebaiknya hindari susu. Berikan jeda beberapa saat supaya zat besi tidak terhambat.

Bahkan jangan mengkonsumsi mengkonsumsi makanan atau minuman yang berkafein sebab bisa menghambat penyerapan zat besi juga. Kopi, teh, coklat maupun softdrink sebaiknya Anda hindari setelah mengkonsumsi makanan yang emngandung zat besi.

Nah, itulah tips seputar cara meningkatkan asupan makananan yang mengandung zat besi selama hamil. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517