Tips Mengurangi Konsumsi Makanan Manis Pada Anak

Makanan manis merupakan salah satu jenis makanan yang paling disukai oleh anak-anak. Jenisnya sangat beragam yaitu coklat, permen, eskrim dan lain sebagainya. Makanan manis yang mengandung gula bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan jika dikonsumsi terlalu berlebihan.

Makanan manis yang dikonsumsi terlalu sering bisa memicu berbagai masalah kesehatan seperti kerusakan gigi, menyebabkan obesitas dan bisa juga menyebabkan kerusakan pada tulang. Bahkan kebanyaka mengkonsumsi makanan manis akan menyebabkan si kecil kehilangan nafsu makan sehingga lebih mudah merasa lemas.

Dalam hal ini peran orangtua sangat diperlukan supaya si kecil terhindar dari berbagai resiko kesehatan akibat kebiasaan mengkonsumsi makanan manis. Salah satu cara yang harus Anda lakukan yaitu membatasi asupan makanan manis pada anak bukan melarangnya. Sebab jika dilarang justru akan membuat anak semakin tak terkendali.

Berikut Tips Untuk Mengontrol Konsumsi Makanan Manis Pada Anak

  1. Jangan Terlalu Mengekang

Dalam membatasi asupan makanan manis untuk anak sebaiknya Anda tidak menerapkan peraturan yang bersifat terlalu mengekang. Dengan melarang secara ketat justru akan membuat si kecil penasaran dan bernafsu mengkonsumsi makanan tersebut. Salah satu cara yang sebaiknya Anda lakukan yaitu membatasi secara perlahan dengan menggantinya oleh cemilan sehat.

  1. Perbanyak Buah-buahan

Buah-buahan mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh anak. Nah, dalam membatasi konsumsi makanan manis maka Anda bisa menggantinya dengan memberikan buah-buahan segar. Berikan buah-buahan segar dengan kadar gula rendah seperti stroberi, apel, pisang dan sebagainya.

  1. Selektif Dalam Memilih Cemilan

Cemilan atau snack yang banyak dijual dipasaran mengandung banyak gula dan pemanis buatan yang tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, lebih selektiflah dalam memeilih cemilan untuk si kecil supaya tidak membahayakan kesehatannya.

  1. Jauhkan Softdrink
Baca Juga:  Berikut Ciri Ciri Anak Cerdas Yang Harus Anda Ketahui

Softdrink dikenal sebagai salah satu jenis minuman yang bisa memicu peningkatan berat badan secara drastis. Hal ini karena jenis minuman tersebut mengandung kadar gula tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya jauhkan softdrink dari jangkauan anak-anak supaya tidak membahayakan kesehatannya.

  1. Berikan Susu Tanpa Perasa

Pada tahap tumbuh kembangnya balita membutuhkan asupan nutrisi lebih banyak terutama kalsium untuk pembentukan tulang. Nah, salah satu yang menyediakan nutrisi tersebut yaitu susu. NAmun dalam memberikan susu untuk anak sebaiknya jangan memberikan susu yang menggunakan perasa. Hal ini karena susu dengan perasa mengandung banyak gula.

  1. Sarapan Sehat

Dalam menyajikan menu sarapan, jangan terlalu sering memberikan sereal.Meskipun mengandung banyak nutrisi, namun sereal juga mengandung banyak gula yang tidak baik untuk kesehatan anak. Sesekali Anda bisa memberikan telur sebagai menu sarapan pagi yang sehat danterhindar dari gula.

Demikian tips dan cara untuk menjauhkan si kecil dari jangkauan makanan manis. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517