Tips Mengatur Pola Tidur Bayi Usia 9 Bulan Keatas

Mengatur pola tidur bayi usia 9 bulan bukan perkara yang mudah. Hal ini sering kali menjadi keluhan bagi kebanyakan orangtua. Terlebih lagi bagi orangtua baru yang belum sepenuhnya memiliki pengalaman dalam merawat bayi. Pola tidur yang baik tentunya akan berdampak positif terhadap tumbuh kembang si kecil.

Bayi umur 9 bulan cenderung lebih sering terbangun pada malam hari. Kondisi tersebut masih terbilang wajar sebab pola tidur bayi belum sepanjang pola tidur orang dewasa. Pola tidur bayi yang tidak teratur tentunya membuat orangtua merasa khawatir sebab bisa mempengaruhi imunitas, kondisi fisik, emosi dan mental si kecil.

Jam tidur bayi 9 bulan yaitu sekitar 12 jam. Nah, waktu tidur tersebut sudah termasuk waktu tidur siang selama kurang lebih 1,5 – 2 jam. Dalam hal ini Anda harus memastikan waktu tidur si kecil tercukupi dengan baik sebab waktu tidur akan mempengaruhi pertumbuhannya.

Berikut Tips Mengatur Pola Tidur Bayi 9 Bulan

  • Untuk membiasakan pola tidur teratur pada malam hari sebaiknya Anda melakukan rutinitas menyenangkan bagi bayi seperti menyusui, mengendomng sambil diayun-ayun dan mendengarkan musik klasik.
  • Jika si kecil sudah mempunyai kebiasaan harian yang teratur maka kemungkinan pada malam hari si kecil tidak akan kesulitan untuk tidur.
  • Pada usia 9 bulan, sistem motorik bayi sedang dilatih sehingga bayi akan lebih aktif dan cenderung lebih sering terbangun pada malam hari. Nah, dalam hal ini sebaiknya Anda tidak menerapkan kebiasaan untuk menenangkan bayi dengan cara mengusap, menggendong atau mengajaknya bermain. Sesekali biarkan dulu bayi hingga tenang dengan sendirinya sehingga akan terbiasa.
  • Cobalah untuk melatih bayi supaya tidur dengan sendirinya. Jangn selalu membiasakan untuk menggendong atau mengusap-usap bayi sebelum tidur. Hal ini akan menjadi kebiasaan sehingga ketika tidak mendapatkan perlakuan tersebut maka si kecil kesusahan untuk mendapat pola tidur yang baik.
  • Untuk mencegah kecemasan ketika bayi terbangun malam hari, sebaiknya tempatkan ranjang tidur si kecil satu ruangan dengan Anda. Dengan begitu si kecil akan kembali tenang ketika menangis atau terbangun malam hari.

Untuk mendapatkan pola tidur yang baik pada usia 9 bulan sebaiknya Anda mulai menerapkan kebiasaan tidur sendiri pada saat usia 6 bulan. Hal ini sebagai salah satu upaya supaya bayi memiliki waktu dan pola tidur yang baik serta teratur dengan sendirinya.

Dengan mendapatkan pola tidur yang baik maka si kecil akan tumbuh sehat dan terhindar dari berbagai gangguan yang berhubungan dengan tahap tumbuh kembangnya. Selain itu, untuk mendapatkan pola tidur yang baik pada malam hari sebaiknya Anda memperhatikan kebutuhan si kecil seperti makan dan kebersihan popok.

Related Posts

Share This