Tips Mengatasi Susah Tidur Malam Pasca Melahirkan

Kehadiran anggota keluarga baru tentunya membuat Anda sekeluarga merasa bahagia. Kini keluarga Anda semakin harmonis dan melengkapi kebahagiaan dengan hadirnya buah hati. Mengikuti setiap detik tumbuh kembang si kecil akan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Anda. Namun dibalik momen bahagia tersebut kadang Anda diliputi oleh gangguan yang bisa dikatakan sepele namun bisa berdampak negatif. Salah satunya yaitu sulit tidur pada malam hari. Dalam hal ini tentunya Anda harus mengetahui cara mengatasi susah tidur malam yang Anda alami pasca melahirkan.

Banyak faktor penyebab sulit tidur pada malam hari setelah melahirkan yaitu salah satunya ketidaknyamanan yang diakibatkan gangguan kesehatan seperti sembelit. Selain itu, gangguan tidur setelah melahirkan bisa dipicu oleh kram kaki yang umumnya dialami hampir semua wanita. Faktor lain penyebab sulit tidur setelah melahirkan yaitu si kecil terlalu aktif pada malam hari sehingga mengharuskan Anda tetap terjaga.

Permasalahan susah tidur sebaiknya segera diatasi dnegan benar sebab jika dibiarkan bisa mengakibatkan kondisi tubuh menurun sehingga hal ini terhadap kualitas ASI dan kesehatan bayi. Pada beberapa kasus, sulit tidur pada malam hari terkadang dipicu oleh pikiran stres menjadi ibu baru. Bagi Anda yang mengalami kondisi tersebut segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Berikut Tips Mengatasi Susah Tidur Malam Pasca Melahirkan

Kenali Penyebab

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu mencari penyebabnya. Susah tidur bisa saja diakibatkan oleh kurangnya asuopan nutrisi seperti serat dan jarang berolahraga setelah melahirkan. Sembelit pada umumnya diakibatkan oleh asupan serat yang tidak mencukupi untuk tubuh. Jangan disepelekan bahwa sembelit bisa memicu Anda susah tidur.

Disamping itu, penyebab yang mungkin mengakibatkan Anda sulit tidur yaitu kondisi pikiran stres dan depresi akibat proses persalinan. Bahkan beberapa ibu baru merasa stres akibat belum memiliki pengalaman dalam hal merawat bayi.

Perhatikan Posisi Tidur

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, cobalah untuk mengatur posisi senyaman mungkin. Pastikan tempat tidur Anda memberikan kenyamanan untuk Anda dalam melewati malam. Selain itu, usahakan supaya pikiran Anda tetap rileks. Caranya bisa dengan mendengarkan musik klasik.

Hindari Kopi

Setelah melahirkan sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi kopi terlalu sering. Hal ini karena bisa berdampak terhadap kualitas ASI dan menurunkan kualitas tidur Anda. Kandungan kafein kopi bisa menyebabkan Anda sulit tidur pada malam hari. Maka dari itu sebisa mungkin hindari kopi.

Perhatikan Kenyaman Kamar

Suasana kamar yang nyaman dan rapi akan berdampak baik terhadap kualitas tidur Anda. Maka dari itu usahakan supaya kamar selalu dalam keadaan rapid an wangi. Tata senyaman mungkin kamar Anda untuk membuat pikiran rileks .

Jangan Menonton Televisi

Pada malam hari saat Anda ingin melepas lelah sebaiknya hindari televisi. Bukan tidak mungkin bahwa tayangan di televisi akan membuat Anda terus melek sehingga lupa waktu untuk istirahat. Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, segera matikan televisi dan mulailah masuk kamar untuk beristirahat. Selain itu, jangan sesekali menaruh televisi di kamar.

Related Posts

Share This