Tips Mengatasi dan Memilih Obat Sakit Maag Untuk Ibu Hamil

Pada tahap awal kehamilan, banyak keluhan yang akan dirasakan oleh ibu hamil akibat adanya pengaruh hormone. Salah satunya yaitu gejala morning sicknes berupa mual dan muntah yang menyebabkan nafsu makan berkurang. Kondisi tersebut tidak jarang menyebabkan ibu hamil terkena penyakit maag. Hal ini tentunya harus segera diatasi dengan cara yang benar. Obat sakit maag untuk ibu hamil sebaiknya tidak menggunakan obat kimia untuk menghindari kemungkinan dampak buruk terhadap janin.

Penyakit maag pada ibu hamil tentunya tidak terlepas dari pengaruh hormon kehamilan seperti estrogen dan progesterone. Perlu Anda ketahui bahwa hormone progesterone akan menyebabkan terjadinya relaksasi di saluran pencernaan sehingga pengosongan lambung melambat dan begitupun kerja usus.

Jika tidak segera ditangani dengan benar, penyakit maag pada ibu hamil sangat rentan menyebabkan luka pada lambung dan bahkan pada kondisi yang lebih parah bisa menyebabkan kerusakan dan kebocoran lambung yang mengharuskan tindakan operasi. Berikut ini tips untuk mengatasi penyakit maag pada ibu hamil.

  • Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit maag sebelumnya, untuk menghindari penyakit tersebut kambuh sebaiknya hindari hal-hal yang bisa mempengaruhi kondisi psikis. Cobalah untuk menikmati masa kehamilan Anda dengan tenang dan nyaman.
  • Hindari hal-hal dan aktivitas yang bisa memicu pikiran menjadi stres sebab bisa memicu produksi asam lambung secara berlebihan.
  • Hindari perut kosong dan usahakan untuk makan secara teratur. Meskipun Anda mengalami gejala morning sickness akan tetapi tidak boleh melewatkan sarapan pagi. Cobalah minum air hangat di pagi hari dan sajikan menu sarapan yang lebih bervariasi.
  • Anda harus memiliki cara untuk menyiasati nafsu makan yang berkurang selama hamil. Terapkan jadwal makan secara teratur dengan metode makan porsi sedikit namun sering. Dengan begitu lambung Anda tidak akan kosong dan tidak akan memicu produksi asm lambung berlebihan.
  • Hindari kebiasaan berbaring setelah makan sebab bisa mengakibatkan asam lambung berbalik menuju ke kerongkongan. Usahakan jangan berbaraing selama 60 menit setelah makan.
  • Jika mengharuskan Anda berbaring setelah makan maka posisikan supaya kepala lebih tinggi dari badan.
  • Kenakan pakaian khusus ibu hamil yang longgar untuk menghindari tekanan pada lambung sehingga Anda tetap nyaman beraktivitas.
  • Apabila penyakit maag yang Anda derita semakin parah maka segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Menjaga kesehatan selama menjalani masa kehamilan memang sangat penting. Maka dari itu perhatikan pola makan sehingga kesehatan pencernaan Anda terganggu. Jika sistem pencernaan tidak berfungsi dengan baik maka akan berdampak buruk bagi janin sebab asupan nutrisi akan terhambat. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This