Tips Mengatasi ASI Tidak Keluar Setelah Melahirkan

Pada akhir tahap kedua dan selama kehamilan trimester akhir, tubuh ibu hamil akan memproduksi ASI sebagai persiapan menjelang persalinan. Nah, produksi ASI tersebut berlangsung alami yang merupakan reaksi tubuh sebelum persalinan. Saat tiba waktu persalinan maka ASI akan dikeluarkan untuk proses awal yang disebut dengan inisiasi dini menyusui bayi yang baru lahir. Namun seringkali beberapa wanita mengalami gangguan ASI tidak keluar setelah melahirkan.

Kondisi ASI yang sulit keluar setelah melahirkan atau ASI sedikit, bukanlah hal yang aneh. Kondisi tersebut wajar dan tidak perlu dikhawatirkan sebab setiap orang memiliki tingkat hormone yang berbeda-beda di dalam tubuh. Dalam hal ini yang diperlukan adalah tindakan untuk menstimulus supaya ASI bisa keluar dengan lancar sehingga kebutuhan si kecil akan terpenuhi.

Berikut Tips Mengatasi ASI Tidak Keluar

Hypnobreastfeeding

Langkah awal yang bisa Anda lakukan ketika ASI tidak keluar sesaat setelah melahirkan yaitu dengan melakukan teknik hypnobreastfeeding. Ini merupakan salah satu teknik untuk menciptakan suasana tenang dengan ilusi atau membayangkan banyaknya ASI yang keluar. Dalam melakukan teknik ini Anda dianjurkan untuk menggendong bayi sehingga dengan begitu akan semakin menstimulus menghasilkan ASI dengan baik.

Minum Air Hangat

Cara selanjutnya yaitu dengan minum air hangat. Mengkonsumsi air hangat akan membantu menstimulus tubuh supaya menghasilkan hormone oksitosin serta hormone prolaktin. Nah, kedua hormone tersebut sangat penting untuk melancarkan proses keluarnya ASI. Maka dari itu, cobalah konsumsi air hangat secara teratur sehingga lambat laun ASI keluar dengan lancar.

Kompres Payudara

Selain diminum, air hangat juga bisa Anda gunakan untuk mengompres payudara. Hal ini bertujuan untuk merelaksasi otot-otot pada bagian payudara. Dengan begitu maka kemungkinan ASI bisa keluar dengan lancar.

Stimulasi Puting

Cara selanjutnya yaitu dengan stimulasi puting untuk meningkatkan kadar hormone oksitosin. Caranya sangat mudah yaitu dengan menyentuh lembut bagian putting secara perlahan. Teknik ini bisa Anda lakukan sendiri maupun dengan bantuan suami tercinta.

Pijat Oksitosin

ASI yang tidak kunjung keluar setelah melahirkan bisa diatasi dengan pijat oksitosin yang dilakukan tim medis. Adapun teknik pijat ini yaitu dengan memijat bagian leher kemudian turun ke bagian punggung secara perlahan menggunakan jari tengah/jempol. Teknik ini dinilai sangat efektif untuk merangsang produksi ASI.

Konsumsi Daun Katuk

Banyak orang yang mempercayai bahwa untuk memperlancar ASI yaitu dengan mengkonsumsi daun katuk. Hal ini memang benar adanya karena daun katuk mengandung laktagagum, polifenol dan steroid yang bisa meningkatkan kadar hormone prolaktin. Hormon tersebut yang akan menstimulus ASI.

Demikian tips untuk mengatasi ASI yang tidak keluar. Menyusui merupakan proses penting untuk memberikan nutrisi pada bayi maka dari itu proses ini harus segera dilakukan sesaat setelah bayi lahir. Untuk menjaga ASI tetap lancar, konsumsilah makanan sehat dan bergizi.

Related Posts

Share This