Tips Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil

Pada tahap awal kehamilan cenderung lebih banyak keluhan yang akan dirasakan oleh ibu hamil. Slaah satunya yaitu resiko terkena anemia. Mengapa bisa demikian? Anemia bisa menyerang ibu hamil tahap awal sebab banyak sel darah merah yang digunakan untuk proses pembentukan janin. Resiko penyakit anemia memang sangat tinggi pada tahapan ini. Mengatasi anemia pada ibu hamil menjadi salah satu fokus penting supaya tidak mengganggu perkembangan janin.

Resiko anemia bahkan akan meningkat memasuki trimester kedua kehamilan. Secara tidak langsung hal ini berkaitan dengan pola makan yang tidak teratur pada trimester awal. Pada awal kehamilan, asupan makan yang bergizi sangat dianjurkan terutama yang mengandung zat besi. Hal ini sebagai upaya untuk mempertahankan sel darah merah sehingga akan menekan resiko anemia.

Pada dasarnya anemia dianggap sebagai kondisi yang normal terjadi pada ibu hamil selagi masih dalam batas normal. Namun hal ini tetap saja tidak boleh dibiarkan begitu saja karena akan berdampak jangka panjang untuk perkembangan janin di dalam kandungan.

Gejala awal yang mungkin akan dirasakan oleh ibu hamil yaitu terjadinya penurunan nafsu makan yang mempengaruhi stamina tubuh. Nah, kondisi tersebut akan menyebabkan ibu hamil lebih rentan mengalami infeksi, kelopak mata serta bibir akan kelihatan pucat dan penglihatan terasa berkunang-kunang.

Pada kondisi yang lebih berat maka akan menyebabkan lemah jantung dan sesak napas. Sistem imun tubuh cenderung tidak bisa lagi berfungsi sebagaimana mestinya karena sel darah merah berkurang akibat tidak adanya zat besi. Kondisi ini juga memicu sel darah merah mengalami penurunan fungsi yang signifikan dan rentan terjadi serangan mikroorganisme.

Anemia memang sangat beresiko jika dibiarkan pada ibu hamil. Banyak resiko yang mungkin terjadi seperti keguguran, cacat lahir dan juga prematur. Maka dari itu, kondisi kesehatan yang satu ini sebaiknya jangan diabaikan, segera lakukan penanganan dengan cara yang tepat sebelum akhirnya berkembang menjadi lebih parah.

Berikut Ini Tips Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil

  1. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin C untuk mengoptimalkan penyerapan zat besi. Konsumsilah buah-buahan seperti stroberi, jeruk, tomat dan kiwi serta jnis buah yang lainnya.
  2. Konsumsilah sumber makanan yang mengandung zat besi untuk membantu pembentukan hemoglobin. Contohnya yaitu ikan, daging unggas, daging merah tanpa lemak, kacang-kacanganm telur dan sayuran.
  3. Pilihlah makanan yang mengandung asam folat tinggi seperti sereal, roti gandum, sayuran hijau dan salmon.
  4. Konsumsi juga susu secara teratur.
  5. Lakukan konsultasi dan pemeriksaan dokter secara berkala selama hamil untuk meminimalisir resiko myang mungkin terjadi pada kehamilan Anda.
  6. Disamping itu, lakukan juga tes darah untuk mengetahui kadar hemoglobin. Bahkan tes darah sangat berguna untuk mendeteksi faktor penyebab anemia.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam upaya mengatasi penyakit anemia selama hamil. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi untuk membantu pembentukan sel darah merah sehingga terhindar dari resiko anemia.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517