Tips Mengatasi Anak Susah Makan Dengan Memilih Hidangan Yang Tepat

Mengatasi anak susah makan memang perlu untuk dilakukan oleh setiap orangtua. Hal ini karena pada masa pertumbuhan dan perkembangannya, anak-anak membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang. Jika kekurangan asupan nutrisi maka sangat berisiko terhadap kesehatan dan tumbuh kembangnya. Kondisi kekurangan nutrisi pada periode emas tumbuh kembang anak sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kegagalan pertumbuhan.

Dalam masa pertumbuhan hendaknya setiap orangtua memperhatikan asupan nutrisi yang tepat untuk anak guna menjaga kesehatan dan mendukung tumbuh kembangnya. Berikan asupan makanan yang bergizi dan kaya akan nutrisi. Anak-anak dalam masa tumbuh kembang terutama anak yang berusia 3 tahun biasanya menjadi pemilih makananan. Hal ini tentunya harus bisa disiasati dengan benar oleh setiap orangtua sehingga asupan nutrisi tetap terjaga dengan baik.

Untuk memilih hidangan makanan penambah nafsu makan anak hendaknya Anda memperhatikan kualitas dan kuantitas dari kandungan gizi makanan tersebut. Sesuaikan dengan usia anak karena beda usia beda juga kebutuhan nutrisinya. Asupan makanan sebaiknya tidak kurang dari kebutuhan nutrisi harian anak guna menjaga metabolisme anak.

Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan dalam mengatasi anak susah makan yaitu dari segi penyajian makanan. Usahakan untuk menyajikan makanan yang berkualitas atau kaya akan nutrisi. Berikut tips menyajikan makanan untuk menambah nafsu makan anak!

Jangan Sepenuhnya Nasi

Ingatlah bahwa nasi bukan segalanya untuk diberikan pada anak sebagai makanan wajib. Jika si kecil merasa bosan dengan sumber karbohidrat tersebut maka tidak ada salahnya untuk memberikan makanan lain yang lebih bervariasi seperti oat, ubi, kentang dan sumber karbohidrat lainnya. Cara yang paling ampuh supaya anak gemar menyantapnya yaitu dengan mengolahnya seunik dan sekreatif mungkin.

Sajikan Protein Dengan Tampilan yang Menarik

Jika si kecil bosan menyantap ikan ataupun ayam maka sebaiknya variasikan dengan jenis makanan lainnya. Sesekali hidangkan sumber protein lainnya seperti telur yang disajikan dengan unik sehingga si kecil lebih berselera untuk menyantapnya dengan lahap.

Camilan Sehat Untuk Anak

Sediakan juga camilan sehat dan berkualitas untuk anak guna melengkapi kebutuhan nutrisinya. Contohnya dengan memberikan camilan berupa potongan buah, jus buah, salad buah, atau olahan makanan berisi sayuran seperti risoles sayuran. Dengan memberikan camilan sehat dan unik tentunya akan membuat anak lebih bersemangat untuk mengkonsumsinya. Dengan begitu maka kebutuhan nutrisi anak bisa terpenuhi dengan sangat baik.

Kurangi Pemberian Susu

Minum susu terlalu banyak biasanya akan membuat anak merasa kenyang lebih lama sehingga tidak bernafsu untuk makan. Nah, maka dari itu sebaiknya batasi pemberian susu untuk anak sehingga tidak akan mempengaruhi nafsu makannya. Susu sebaiknya diberikan pada anak sebagai makanan selingan saja.

Multivitamin Untuk Anak

Sertakan juga untuk memberikan suplemen multivitamin yang mengandung temulawak untuk anak. Temulawak adalah salah satu yang bisa membuat nafsu makan anak meningkat dan simbang. Dengan begitu maka si kecil tidak akan kesulitan untuk makan makanan bergizi yang berguna untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Demikian selintas cara untuk mengatasi anak susah makan yang harus diketahui oleh para Bunda. Jangan menyepelekan nafsu makan si kecil karena hal itu sangat penting untuk kesehatannya dalam masa pertumbuhan. Jangan sampai tumbuh kembang si kecil terganggu karena hal tersebut bisa berakibat fatal untuk jangka panjang. Semoga ulasan artikel ini menjadi referensi yang bermanfaat untuk Anda para orangtua.

Related Posts

Share This