Tips Mencegah Osteoporosis Dengan Konsumsi Makanan Ini

Osteoporosis merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menyebabkan kepadatan tulang berkurang sehingga menjadi keropos. Pengeroposan ini akan mengakibatkan tulang menjadi rapuh dan lebih rentan patah. Osteoporosis biasanya terjadi pada orang-orang yang berusia diatas 50 tahun. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa osteoporosis juga bisa terjadi pada mereka yang masih berusia muda.

Masalah pada tulang ini juga sangat rentan menyerang kaum wanita yang memasuki masa menopause. Namun tidak perlu khawatir sebab osteoporosis bisa dicegah dengan berbagai cara. Salah satunya yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengutamakan konsumsi makanan yang bergizi terutama yang mengandung kalsium dan juga vitamin D.

Mencegah osteoporosis sejak dini memang harus dilakukan supaya masalah kesehatan tulang tersebut tidak kita alami di usia muda maupun di usia senja. Lalu apa saja jenis makanan untuk menangkal terjadinya osteoporosis?

Berikut Ini Ada Beberapa Jenis Makanan Untuk Mencegah Osteoporosis

  1. Konsumsi Buah dan Sayur

Nah, salah satu jenis makanan yang direkomendasikan untuk mencegah penyakit pengeroposan tulang ini yaitu dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan dan juga sayuran. Menurut hasil riset menunjukan bahwa buah dan sayur tergolong salah satu jenis makanan sehat untuk tulang. Kandungan senyawa fenol dan juga flavonoid pada buah dan sayur bisa membantu meningkatkan kepadatan tulang.

Selain itu, sumber makanan yang kaya akan kandungan mineral dan vitamin serta antioksidan sangat berguna untuk menopang kesehatan otot-otot tulang. Oleh karena itu guna mencegah osteoporosis, perbanyaklah konsumsi buah dan sayur yang bervariasi setiap harinya.

  1. Makanan Tinggi Protein

Protein merupakan salah satu komponen penting yang berperan dalam produksi kolagen dalam menunjang kesehatan tulang. Jika konsumsi protein mencukupi maka pembentikan tulang akan berjalan dengan sangat bagus sehingga akan terhindar dari risiko osteoporosis di usia senja. Jenis makanan yang tinggi protein yaitu daging merah, mentega, kulit ayam, telur dan lain sebagainya.

  1. Makanan Tinggi Kalsium

Sudah tidak asing lagi bahwa kalsium merupakan salah satu jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tulang. Perbanyak konsumsi jenis makanan yang mengandung kalsium untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Kombinasikan dengan sumber makanan yang mengandung vitamin D guna membantu mengoptimalkan penyerapan kalsium kedalam tulang. Jenis makanan yang mengandung kalsium diantaranya susu rendah lemak, salmon, yoghurt, sarden, buah-buahan dan sayuran.

  1. Kurangi Konsumsi Makanan Tinggi Garam

Garam adalah salah satu musuh tulang. Makanan yang tinggi kandungan garam sangat rentan menyebabkan terjadinya pengeroposan tulang. Mulai saat ini kurangi konsumsi makanan yang mengandung garam supaya tidak terjadi kerusakan pada tulang. Penggunaan garam sebaiknya dalam batasan yang wajar dan perbanyaklah konsumsi makanan yang lebih sehat dan alami.

  1. Hindari Kebiasaan Minum Minuman Berkafein dan Alkohol

Minuman yang mengandung kafein dan alkohol sangat rentan menyebabkan terjadinya pengeroposan pada tulang. Mulai saat ini batasi konsumsi softdrink, teh, kopi dan minuman berlakohol. Jika Anda sudah bisa menjauhi minuman tersebut maka risiko terkena oateoporosis akan menipis.

Itulah beberapa jenis makanan yang harus dikonsumsi dan dihindari untuk mencegah osteoporosis. Mulailah menerapkan gaya hidup sehat mulai saat ini juga. Perbanyak konsumsi makanan yang bergizi, biasakan untuk rutin berolahraga dan latihan untuk kesehatan tulang. Gaya hidup sehat akan memberikan dampak positif untuk kesehatan Anda saat ini dan masa yang akan datang. Berlaku sehat di usia muda maka akan tetap sehat hingga usia senja. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This