Tips Mencegah Iritasi Kulit Bayi

Kulit bayi adalah salah satu bagian tubuh yang paling sensitif. Hal ini karena struktur kulit bayi masih sangat tipis sehingga lebih mudah terjadi iritasi. Merawat dan menjaga kebersihan kulit bayi adalah salah satu hal yang harus diperhatikan. Namun terkadang banyak orangtua yang mengabaikan perawatan kulit bayi hanya karena melihat kondisi kulit bayi yang lembut dan halus sehingga tidak menyadari ketika terjadi iritasi kulit.

Gangguan kulit pada bayi biasanya muncul pada bagian yang tertutup atau lekukan kulit. Salah satu contohnya yaitu pada bagian punggung, ketiak, selangkangan dan dahi. Iritasi kulit bayi terjadi akibat kondisi kulit yang kotor dan lembab sehingga menyebabkan perkembangan bakteri. Biasanya iritasi tersebut ditandai dengan bintik-bintik merah atau ruam. Jika kelamaan dibiarkan maka iritasi akan semakin parah dan membuat bayi merasa tidak nyaman akibat gatal dan perih.

Untuk mencegah kulit bayi iritasi, Anda harus memperhatikan kebersihan dan melakukan perawatan secara rutin. Mandikan bayi secara teratur setiap hari yaitu minimal dua kali sehari. Gunakan air hangat untuk memandikan bayi. Setelah selesai, keringkan kulit bayi menggunakan handuk yang bersih dan lembut sampai benar-benar kering. Untuk mencegah biang keringat, Anda bisa mengoleskan lotion khusus untuk kulit bayi.

Supaya kulit bayi tidak mudah lembab sebaiknya Anda memilih pakaian bayi dengan bahan dasar katun sehingga bisa menyerap keringat. Selain itu, dalam memilih pakaian untuk bayi jangan terlalu ketat karena bisa memicu keringat. Jika suhu ruangan terlalu panas, maka gunakan kipas angin dan usahakan kamar bayi memiliki ventilasi yang bagus.

Cara mencegah iritasi kulit yang selanjutnya yaitu dengan memperhatikan kebersihan popok. Seperti yang kita ketahui bahwa popok merupakan perlengkapan yang sangat penting untuk bayi. Kebersihan popok harus senantiasa dijaga supaya tidak menimbulakn gangguan kulit pada bayi. Biasakan untuk mengontrol kebersihan popok si kecil secara rutin. Apabila popok sudah kotor maka segera ganti supaya kulit si kecil tidak lembab yang menyebabkan iritasi.

Popok yang sudah kotor dan dibiarkan menempel akan mengakibatkan penyakit kulit seperti ruam popok. Biasanya penyakit kulit yang satu ini muncul pada bagian lipatan kulit bayi seperti selangkangan atau pantat bayi. Kondisi ruam popok yang semakin parah akan membuat bayi merasa tidak nyaman dan bahkan kesakitan. Maka dari itu Anda harus senantiasa memperhatikan kebersihan popok bayi. Selain itu pilihlah popok yang sesuai ukuran sehingga tidak terlalu ketat dan menyebabkan iritasi pada kulit bayi.

Related Posts

Share This