Tips Memilih Makanan Sumber Protein Terbaik Untuk Anak

Makanan sumber protein sangat dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembang anak. Nutrisi tersebut khususnya paling banyak dibutuhkan pada tahun pertama. Hal ini karena proses tumbuh kembang anak dalam periode tersebut berlangsung sangat pesat dan membutuhkan banyak asupan nutrisi. Maka darin itu usahakan untuk memberikan asupan nutrisi terbaik supaya tumbuh kembang anak tidak terganggu.

Protein nabati memiliki peranan yang sangat signifikan dalam proses tumbuh kembang anak. Terlebih lagi jika si kecil tidak mendapatkan asupan protein hewani maka peranan protein nabati sangat dibutuhkan. Dalam hal ini memang keseimbangan antara keduanya sangat dibutuhkan. Namun jika tidak memungkinkan Anda bisa fokus dengan salah satunya oyaitu protein nabati.

Sumber makanan yang mengandung protein nabati bisa diperoleh dari biji-bijian, salah satunya yaitu kacang kedelai. Fungsi dari protein untuk tubuh yaitu mengoptimalkan pertumbuhan tulang, memperbaiki sel-sel tubuh, memelihara kesehatan otak, rambut serta organ penting lainnya.

Inilah Tips Dalam Memilih Sumber Protein Terbaik Untuk Anak

Dalam memberikan asupan nutrisi untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil tentunya harus dilakukan dengan selektif dan cermat. Pada intinya jangan asal memberikan asupan makanan karena bisa beresiko kterhadap kesehatan dan bahkan menghambat tumbuh kembangnya.

  1. Pilihlah makanan sumber protein yang disukai oleh anak. Anda bisa mengolah telur menjadi menu yang bervariasi dan menarik minat anak untuk mengkonsumsinya.
  2. Susu dan prokduk olahan susu seperti yoghurt dan keju merupakan sumber protein yang sangat tinggi. Anda bisa memberikan produk susu sebagai bahan pelengkap menu makanan shari-hari untuk anak yang berusia diatas 1 tahun.
  3. Tahu, tempe, yoghurt kedelai dan susu kedelai menjadi salah satu penganan kaya akan protein yang bisa Anda pilih. Akan tetapi, pastikan bahwa makanan tersebut memiliki kandungan kalsium yang dibutuhkan si kecil.
  4. Selanjutnya biji-bijian dan kacang-kacangan sangat tepat untuk mencukupi kebutuhan protein nabati si kecil. Anak balita mungkin kesulitan untuk mengunyah kacang dan biji-bijian lainnya maka solusinya yaitu dengan menghaluskan makanan tersebut menjadi bubur kacang, susu kacang ataupun yoghurt kacang.
  5. Sumber protein selanjutnya bisa diperoleh dari kacang polong dan kacang lentil karena mengandung protein nabati cukup tinggi. Jenis kacang-kacangan bisa menjadi cemilan sehat dan bergizi untuk anak.

Nah, itulah tips seputar memilih makanan yang mengandung sumber protein nabati untuk anak. Protein termasuk salah satu komponen nutrisi yang sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang anak. Sumber nutrisi tersebut sebisa mungkin harus terpenuhi dengan baik supaya perkembangan si kecil tidak terganggu.

Jika si kecil alergi terhadap kacang-kacangan maka Anda bisa menggantinya dengan biji-bijian yang lain seperti oat dan gandum. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517