Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Penderita Amandel

Memilih makanan sehat merupakan salah satu hal yang sangat penting guna menunjang kesehatan tubuh. Setiap makanan yang dikonsumsi akan berpengaruh terhadap kesehatan dan proses penyembuhan suatu penyakit. Pada dasarnya makanan sehat memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap seperti vitamin, protein, lemak, mineral dan nutrisi penting lainnya.

Amandel merupakan dua buah kelenjar getah bening yang terletak di bagian belakang tenggorokan. Amandel berperan penting dalam mencegah infeksi pada saluran pernapasan. Namun terkadang amandel bisa membesar atau membengkak sehingga terjadi peradangan. Radang amandel tentunya sangat mengganggu kenyamanan terutama pada waktu makan.  Ketika terjadi pembengkakan pada amandel maka sebaiknya Anda memilih makanan yang baik untuk radang amandel sehingga kondisi tersebut bisa cepat mereda.

Makanan yang baik untuk penderita amandel haruslah memiliki tekstur yang halus dan lembut sehingga memudahkan pada waktu menelan. Selain itu, penderita amandel juga disarankan untuk menghindari minuman dingin karena bisa memperparah peradangan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa membantu meredakan radang amandel.

  1. Bubur

Salah satu jenis makanan yang disarankan untuk penderita radang amandel yaitu bubur. Teksturnya yang lembut akan memudahkan untuk menelan dan tidak akan menimbulkan rasa sakit ketika mengenai amandel. Campurkan rempah-rempah seperti cengkih atau jahe ke dalam bubur untuk membantu meredakan peradangan.

  1. Air jahe

Jahe merupakan salah satu jenis rempah yang sangat cocok untuk mengobati peradangan. Anda bisa membuat sari jahe dengan cara direbus dan diambil airnya kemudian tambahkan jeruk nipis atau madu. Hasilnya akan benar-benar terasa jika dilakukan secara rutin dan teratur.

  1. Bayam

Sayuran yang satu ini sangat berguna untuk membantu menyembuhkan radang tenggorokan dan amandel. Bayam bisa Anda jadikan sup yang lezat dengan tambahan sedikit bubuk lada hitam. Sajikan sayur bayam selagi hangat supaya khasiatnya benar-benar ampuh.

  1. Madu

Madu memiliki khasiat yang luar biasa dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Madu memiliki kemampuan dalam menyembuhkan infeksi dan peradangan. Madu bisa Anda konsumsi langsung ataupun dijadikan tambahan ke dalam minuman seperti teh. Konsumsilah secara rutin setiap hari untuk mendapatkan kahsiatnya.

  1. Air lemon

Minumlah air perasan lemon secara rutin untuk mengobati radang amandel. Untuk mendapatkan khasiat yang lebih baik, campurkan air perasan melon dengan beberapa sendok madu dan seduh dengan air hangat.

  1. Buah mengkudu

Kebanyakan orang mungkin tidak menyukai buah yang satu ini karena rasa dan aromanya yang tidak enak. Namun ternyata buah mengkudu memiliki khasiat yang bagus untuk mengobati radang amandel. Buah mengkudu bisa dikonsumsi dengan cara dihaluskan menggunakan blender dan disaring. Minum secara rutin untuk mengobati amandel.

Nah, itulah jenis makanan dan minuman yang baik untuk penderita radang amandel. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Anda!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517