Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Diet Alami Ibu Hamil

Kenaikan berat badan pada waktu hamil merupakan hal yang lumrah. Pengaruh hormone kehamilan dan adanya janin di dalam kandungan menjadi salah satu faktor penyebab perubahan tersebut. Namun kenaikan berat badan yang berlebih pada ibu hamil sangat beresiko terhadap kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Salah satu cara untuk mengatasi kondisi tersebut yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk diet alami pada waktu hamil.

Makanan sehat untuk diet ibu hamil adalah salah satu kunci untuk mendapatkan kehamilan yang sehat. Makanan sehat menjadi faktor penting yang menentukan kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin.  Dalam hal ini perkembangan janin sangat bergantung terhadap kesehatan ibu hamil. Sebab jika ibu hamil sakit maka akan berdampak negatif terhadap perkembangan janin di dalam kandungan.

Makanan sehat untuk diet alami ibu hamil hendaknya memiliki kandungan nutrisi yang bisa melengkapi semua kebutuhan gizi pada waktu hamil. Diet pada waktu hamil tidak ada larangan selama program diet tersebut tidak mengganggu asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin. Selain itu, diet yang dilakukan tidak mengganggu kesehatan ibu hamil.

Berikut Ini Tips Untuk Memilih Makanan Sehat Dalam Program Diet Ibu Hamil

  1. Pilih makanan berserat

Dalam menjalani program diet selama hamil, pilihlah makanan yang berserat seperti buah-buahan dan sayuran. Kandungan serat sangat berguna untuk memperlancar sistem pencernaan dan mencegah gangguan pada pencernaan. Supaya tidak mudah bosan, Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan dalam bentuk salad ataupun jus buah. Selain buah, Anda juga bisa mengkonsumsi gandum dan produk olahan gandum. Kandungan serat dan karbohidrat komplek pada gandum sangat berguna untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu nafsu makan selema hamil akan terkontrol.

  1. Hindari makanan manis dan berlemak

Makanan manis pada umumnya akan memberi efek mudah lapar sehingga hal ini akan berdampak terhadap pola makan yang tidak teratur pada waktu hamil. Untuk mensukseskan program diet Anda, hindari jenis makanan manis dan berlemak. Selain itu makanan manis sangat beresiko menyebabkan penyakit pada ibu hamil seperti diabetes.

  1. Konsumsi makanan yang dikukus atau direbus

Hindari makanan yang mengandung lemak pada waktu hamil dengan cara mengolahnya direbus atau dikukus. Makanan berlemak pada umumnya tidak baik untuk kesehatan karena bisa menghambat sirkulasi darah sehingga mengakibatkan berbagai jenis penyakit. Selain itu makanan berlemak bisa mempercepat kenaikan berat bdan secara berlebihan. Terlebih lagi pada waktu hamil. Maka dari itu alangkah lebih baiknya lebih banyak mengolah makanan dengan cara dikukus.

  1. Konsumsi air putih

Konsumsilah air putih minimal 2 liter setiap harinya untuk menghindarkan Anda dari rasa lapar. Konsumsi air putih yang teratur akan berdampak terhadap pola makan sehingga mensukseskan program diet yang sedang Anda jalani. Selain itu, konsumsi air putih sangat berguna luntuk memperlancar sirkulasi darah dari ibu hamil ke janin.

Related Posts

Share This