Tips Memilih Makanan Cemilan Yang Sehat

Ngemil merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang dalam mengisi waktu luang ketika bersantai. Bahkan kegiatan ini dikatakan sebagai aktivitas favorit. Ngemil idealnya dilakukan sambil nonton tv ataupun mendengarkan musik dan membaca. Karena dianggap sebagai kegiatan yang menyenangkan, aktivitas ngemil ini seringkali tidak bisa dilewatkan dan sulit untuk dihindari. Yang perlu diperhatikan dalam hal ini yaitu pemilihan makanan cemilan yang sehat.

Ngemil memang menyenangkan, namun hal ini tak selamanya dianggap sehat jika tidak memperhatikan pemilihan jenis makanan. Sebab ngemil biasanya sangat identik dengan makanan ringan oyang kandungan gizinya rendah seperti keripik, manisan, coklat, junkfood dan jenis makanan ringan lainnya. Makanan tersebut termasuk kategori makanan yang cocok untuk ngemil, akan tetapi bisa membahayakan kesehatan jika terlalu berlebihan.

Jumlah dan jenis cemilan yang disantap pada waktu ngemil tentunya akan berpengaruh terhadap kesehatan Anda. Bahkan jika tidak memperhatikan kandungan gizinya maka sangat beresiko terhadap kenaikan berat badan. Lalu apakah ada cara sehat supaya aktivitas ngemil pyang dijalani tetap aman dan tidak membahayakan kesehatan tubuh?

Inilah Tips Sehat Memilih Cemilan Sehat

  1. Membuat Sendiri

Salah satu cara supaya aktivitas ngemil Anda tergolong sehat yaitu dengan membuat sendiri. Makanan yang Anda olah sendiri tentunya lebih terjamin dari segi komposisi bahan, terbebas dari pengawet, bahan kimia dan juga pemanis buatan. Jenis cemilan sehat yang bisa Anda sajikan sendiri di rumah diantaranya yaitu salad buah dan sayur, smoothie, keripik buah, jus dan lain sebagainya.

  1. Mengontrol dan Membatasi Waktu Ngemil

Supaya aktivitas ngemil yang Anda jalani tetap aman untuk tubuh maka sebaiknya membatasi dan jangan setiap waktu ngemil. Kebiasaan yang tidak terkontrol akan mengganggu kesehatan tubuh. Maka dari itu, mulailah untuk mengatur jadwal ngemil. Misalnya pada sore hari ketika beristirahat setelah bekerja. Selain itu, sebaiknya hindari ngemil di malam hari menjelang tidur karena beresiko terhadap peningkatan berat badan yang tidak terkontrol.

  1. Berkreasi Membuat Cemilan Sehat

Bagi Anda yang kurang menyukai sayuran, sebaiknya Anda berkreasi dan mengkombinasikan dengan jenis lain seperti buah-buahan. Lebih tepatnya Anda bisa membuat salad buah dan sayur sehingga aktivitas ngemil Anda lebih sehat.

  1. Pilih Cemilan Sehat

Memilih cemilan sehat bukanlah perkara yang sulit. Hanya saja seringkali kita lebih tergiur dengan cemilan yang dianggap lebih menarik dan simple. Padahal belum tentu jenis cemilan tersebut termasuk kedalam kategori sehat dan mengandung gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, dalam memilih cemilan sebaiknya Anda memperhatikan kandungan gizi dan nutrisinya, jangan hanya memandang enak atau tidaknya cemilan tersebut. Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517