Tips Memilih Kosmetik Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Tampil cantik merupakan salah satu hal yang wajib bagi seorang wanita, tak terkecuali pada waktu hamil. Untuk tampil cantik biasanya wanita menggunakan berbagai produk kosmetik. Namun bagi ibu hamil, penggunaan kosmetik harus lebih selektif dan memilih jenis kosmetik yang aman.

Kosmetik untuk ibu hamil harus terbebas dari bahan kimia. Hal ini karena bisa membahayakan perkembangan janin di dalam kandungan. Bahan kimia dari kosmetik seperti merkuri dan hidroquinon bisa menyebabkan cacat pada bayi dan resiko kelahiran secara prematur.

Produk kosmetik untuk perawatan kulit dan rambut yang mengandung bahan kimia bisa terserap kedalam kandungan melalui pori-pori kulit dan masuk kedalam aliran darah, hingga akhirnya mempengaruhi janin.

Berikut Tips Memilih Kosmetik Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Hindari Produk Pemutih Kulit

Perubahan pigmen kulit pada waktu hamil tentunya akan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Banyak dari ibu hamil yang lebih memilih menggunakan kosmetik untuk memutihkan kulit tanpa memperhatikan aspek keamanan untuk janin.

Perubahan kulit pada waktu hamil merupakan hal yang wajar dan bersifat alamiah sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk melakukan perawatan. Hindari penggunaan kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya. Jika ingin melakukan perawatan, gunakanlah ramuan alami yang tidak akan membahayakan janin.

Perhatikan Perawatan Rambut

Tampil modis dan cantik selama hamil memang bukan hal dilarang, namun dalam hal ini Anda harus lebih selektif dan cerdas untuk melakukan perawatan tersebut. Anda sebaiknya tidak mengecat atau mengeriting rambut pada waktu hamil karena perawatan tersebut akan berdampak buruk bagi janin. zat kimia yang digunakan dalam perawatan tersebut bisa masuk ke dalam kandungan melalui pori-pori.

Baca Juga:  Manfaat Udang Untuk Ibu Hamil Yang Harus Anda Ketahui

Penggunaan Parfum

Penggunaan parfum pada waktu hamil sebaiknya dikurangi. Parfum bisa memicu gejala mual dan muntah pada waktu hamil karena indera oenciuman ibu hamil sangat sensitif. Selain itu, jika mengenai kulit maka sangat beresiko terserap ke dalam aliran darah dan mempengaruhi perkembangan janin.

Selektif Dalam Memilih Krim Kulit

Selama masa kehamilan sebaiknya menghindari semua prosuk untuk kulit, baik itu krim ataupun lotion. Penggunaan kosmetik yang mengandung bahan kimia secara terus menerus sangat beresiko untuk kesehatan janin di dalam kandungan. Disamping itu, kulit ibu hamil sangat sensitif sehinga rentan terjadi iritasi atau alergi.

Nah, demikian tips aman untuk ibu hamil seputar penggunaan kosmetik. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan pada kehamilan, sebaiknya menghindari setiap perawatan yang menggunakan produk-produk kosmetik.

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap produk kosmetik mengandung bahan kimia meskipun dalam kadar yang rendah. Nah, maka dari itu, alangkah lebih bijaknya jika Anda menghindari penggunaan kosmetik selama masa kehamilan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517