Tips Memberikan Pertolongan Pertama Pada Anak Saat Demam

Pada dasarnya demam bukan merupakan suatu penyakit, namun demam bisa menjadi indikasi atau gejala dari suatu penyakit. Demam bisa dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa. Salah satu penyebab demam diantaranya yaitu pilek, batuk ataupun infeksi pada saluran pernapasan. Perlu Anda ketahui bahwa demam merupakan suatu mekanisme tubuh dalam melawan zat asing seperti virus atau bakteri yang bisa membahayakan tubuh. Ketika anak demam sebaiknya Anda tidak panik dan segera berikan pertolongan pertama pada sakit demam dengan cara yang benar.

Demam yang terjadi pada anak merupakan bentuk pertahanan tubuh dalam melawan penyakit. Anak dikatakan demam apabila suhu tubuhnya diatas 37 derajat celcius. Bahkan suhu tubuh pada waktu demam bisa mencapai 40 derajat celcius. Pertolongan pertama saat sakit demam pada anak bisa Anda lakukan dengan cara mengompres untuk menurunkan suhu tubuhnya.

Simak Tips Berikut Ini Untuk Memberikan Pertolongan Pertama Pada Anak Saat Demam

  1. Kompres menggunakan air hangat

Pertolongan pertama demam pada anak yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengompres menggunakan air hangat. Hal ini bertujuan untuk menurunkan suhu tubuh anak secara otomatis. Ketika Anda mengompres anak, jangan pernah menggunakan alkohol atau cairan kimia lainnya karena bisa membahayakan si kecil. Gunakanlah kain yang dibasahi dengan air hangat. Cara ini cukup efektif dan aman untuk menurunkan suhu tubuh anak pada waktu demam.

  1. Memberikan waktu istirahat yang cukup

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa demam merupakan mekanisme tubuh dalam melawan penyakit. Maka dari itu untuk mengatasi hal tersebut Anda cukup memberikan waktu istirahat yang cukup untuk anak sehingga suhu tubuhnya akan turun dengan sendirinya.

  1. Pijat

Untuk meredakan demam pada anak bisa juga dengan cara melakukan pijat menggunakan ramuan herbal. Caranya yaitu dengan mencampurkan minyak telon, bawang merah dan air perasan jeruk nipis. Oleskan ramuan tersebut kemudian lakukan pemijatan halus pada bagian punggung atau dada si kecil.

  1. Penuhi kebutuhan cairan

Pada waktu demam biasanya tubuh akan kehilangan banyak cairan sehingga rentan sekali menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu Anda harus menjaga cairan tubuh si kecil dengan cara memberikan air putih atau makan yang mengandung air seperti jus buah dan kaldu ayam.

  1. Obat penurun panas

Anda bisa memberikan obat penurun panas untuk menurunkan suhu tubuh anak. Namun dalam memberikan obat tersebut harus disesuaikan dengan usia anak sehingga tidak akan memperparah kondisi kesehatannya. Namun alangkah lebih baiknya apabila Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

  1. Konsultasi dan penanganan dokter

Jika suhu tubuh anak tak kunjung turun atau sekitar 39 sampai 40 derajat celcius sebaiknya segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang benar. Terlebih lagi jika demam pada anak disertai dengan kejang atau mimisan.

Itulah pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan ketika anak demam. Semoga informasi yang penulis sajikan bermanfaat bagi Anda dalam memberikan perawatan bagi anak.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517