Tips Memberikan MPASI Untuk Bayi 7 Bulan

Pada bulan sebelumnya bayi sudah mulai diperkenalkan dengan makanan yang bertekstur lebih padat. Nah, menginjak usia 7 bulan maka tekstur makanan bisa lebih ditingkatkan menjadi sedikit lebih kasar. Selain itu, sajikan menu MPASI 7 bulan dengan menu yang lebih bervariasi untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil.

Banyak pilihan menu MPASI bayi 7 bulan yang bisa Anda berikan. Namun dalam hal ini tetap saja Anda harus memperhatikan kandungan nutrisinya. Pada tahap tumbuh kembangnya, bayi membutuhkan banyak nutrisi lebih banyak jika dibandingkan dengan orang dewasa.

Menu MPASI untuk bayi 7 bulan harus disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi bayi. Hal ini guna menunjang tumbuh kembangnya sehingga tidak mengalami gangguan yang bisa berakibat pada tahap selanjutnya.

Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang bisa diperkenalkan pada bayi usia 7 bulan. Menu MPASI yang bervariasi juga sebagai upaya untuk memperkenalkan rasa makanan yang lebih bervariasi pada bayi.

  1. Sayuran Berdaun Hijau

Salah satu bahan makanan yang bisa Anda berikan untuk bayi usia 7 bulan yaitu sayuran berdaun hijau seperti bayam. Jenis sayuran berdaun hijau memang dikenal kaya akan kandungan folat dan zat besi. Selain itu, sayuran tidak membutuhkan proses pengolahan yang rumit. Anda bisa menyajikannya salam bentuk puree atau dicampurkan kedalam bubur bayi.

  1. Labu Kuning

Labu kuning mungkin sudah tidak asing lagi. Jenis sayuran yang satu ini memiliki tekstur daging buah yang lunak dan mudah untuk diolah menjadi MPASI. Labu kuning bisa Anda haluskan menjadi puree untuk bayi 7 bulan.

Mengingat teksturnya yang lembut, maka labu kuning akan lebih mudah dicerna oleh bayi. Cara pengolahannya cukup dengan di kukus kemudian haluskan dengan blender dan sajikan pada bayi. Labu kuning kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C dan tentunya kaya akan betakaroten.

  1. Brokoli

MPASI untuk bayi 7 bulan yang selanjutnya yaitu brokoli. Sayuran yang satu ini kaya akan kandungan nutrisi seperti kalsium, folat dan juga serat. Bahkan brokoli dikenal sebagai salah satu jenis sayuran yang kaya akan kandungan antioksidan untuk meningkatkan sistem imun si kecil.

Cara pengolahan brokoli yaitu di kukus hingga benar-benar lunak kemudian haluskan dengan blender. Jangan menambahkan bumbu atau penyedap apapun. Hal ini karena sistem pencernaan bayi belum bisa beradaptasi dengan sempurna sehingga dikhawatirkan adanya gangguan pencernaan.

  1. Buah Alpukat

Tekstur daging buah alpukat matang sangat lembut sehingga lebih mudah untuk dicerna oleh bayi. Alpukat bisa Anda berikan langsung pada bayi tanpa harus diolah terlebih dahulu mengingat teksturnya halus.

Buah alpukat mengandung sejumlah nutrisi penting yang dibutuhkan dalam tahap perkembangan bayi. Alpukat mengandung asam lemak omega-3 untuk mengoptimalkan kecerdasan otak bayi. Selain itu, alpukat juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral penting.

  1. Daging

Daging sudah mulai bisa Anda perkenalkan pada bayi 7 bulan. Namun dengan catatan harus diolah dengan benar dan dihaluskan supaya bisa dicerna dengan baik. Pilihlah daging yanpa lemak supaya tidak membahayakan kesehatan si kecil.

Daging bisa dihaluskan dan dicampurkan kedalam bubur bayi. Berikans ecara rutin untuk melengkapi kebutuhan nutrisi seperti zat besi dan seng. Penting untuk diperhatikan yaitu proses pengolahan daging yang benar dan pilih daging berkualitas.

Demikian beberapa pilihan menu makanan untuk MPASI bayi 7 bulan. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517