Tips Memberikan ASI Eksklusif Bagi Wanita Karir

Bunda, kita memang dianjurkan untuk memberikan ASI eksklusif kepada si kecil sampai usia si kecil 2 tahun. Akan tetapi, bagaimana jika kita termasuk wanita karir? Apa kita harus mengorbankan si kecil dengan memberiknannya susu formula? Atau bahkan kita harus mengorbankan karir demi memberikan ASI eksklusif untuk buah hati?

Tentu saja tidak seperti itu bunda. Karena dengan kita menjadi wanita karir, bukan berarti kita tidak bisa memberikan ASI eksklusif untuk si kecil, terutama pada 6 bulan awal kelahirannya. Karena pemberian ASI eksklusif masih bisa kita lakukan walaupun kita seorang wanita karir. Bagaimana caranya?

Nah, di bawah ini ada beberapa tips menyusui atau memberikan ASI eksklusif untuk wanita karir agar kita tidak mengorbankan si kecil bahkan karir kita, dan setidaknya Anda para wanita karir bisa mengikuti tips ini, yaitu sebagai berikut:

  1. Menitipkan bayi

Tips yang pertama yang bisa Anda lakukan agar tidak mengorbankan si kecil yaitu dengan cara menitipkan si kecil kepada tempat penitipan anak yang ada di tempat kerja atau bahkan berada dekat dengan tempat kerja Anda. Dengan begitu, maka dengan mudah Anda bisa menyusui dan memberikan ASI eksklusif kepada si kecil tanpa harus mengorbankan karir.

  1. Memompa ASI

Cara kedua yang bisa Anda lakukan yaitu dengan cara memompa ASI Anda dan menyimpannya dengan baik untuk si kecil. Tips ini sebenarnya merupakan tips yang sangat mudah untuk Anda lakukan, bahkan banyak diantaranya alat yang bisa Anda gunakan untuk memompa ASI Anda.

Dengan beitu, Anda bisa menitipkan si kecil pada keluarga Anda atau pengasuh, dan mintalah mereka untuk memberikan ASI yang telah Anda perah kepada si kecil. Dengan cara ini, Anda bisa tenang bekerja tanpa harus merasa khawatir si kecil kekurangan asupan ASI.

Nah, sebenarnya ada beberapa tips untuk mendukung kedua opsi tersebut. Yang pertama, mungkin Anda bisa memberikan label pada susu perah Anda terkait hari serta waktu Anda ketika memompa ASI. Setelah itu, Anda juga disarankan untuk menyimpan susu perah Anda di dalam lemari es dengan suhu yang tepat, namun Anda tidak dianjurkan untuk menyimpannya didalam freezer.

  1. Memberikan ASI dan susu formula

Anda bisa memberikan ASI dan susu formula kepada si kecil. Cara ini lebih dianjurkan bagi Anda yang memang tidak mungkin untuk memilih kedua cara di atas karena beberapa alasan. Dengan begitu, Anda tidak perlu merasa bersalah kalau Anda tidak bisa memberikan ASI secara eksklusif kepada si kecil, dikarenakan Anda memang terbantu oleh asupan susu formula.

Tapi ingat, ketika Anda memutuskan untuk memberikan si kecil susu formula, maka Anda harus memilih susu formula yang cocok dengan si kecil dnegan kandungan gizi juga nutrisi yang seimbang dengan apa yang dibutuhkan tubuh si kecil guna membantu tumbuh kembangnya.

Nah, itulah beberapa cara yang memang bisa Anda lakukan ketika Anda mempunyai bayi, dan Anda seorang wanita karir yang tetap ingin memberikan ASI eksklusif untuk buah hati Anda. Semoga membantu!

Related Posts

Share This