Tips Melahirkan Normal Tanpa Gangguan

Perasaan cemas dan khawatir seringkali menghantui ibu hamil ketika memasuki trimester ketiga. Kondisi ini umum terjadi pada wanita yang baru pertama kali menghadapi proses tersebut. Bahkan akibat tingkat kecemasan yang berlebih banyak wanita yang memutuskan untuk melakukan operasi caesar. Padahal sebenarnya melahirkan dengan cara tersebut memiliki resiko yang lebih tinggi dalam proses pemulihan. Bagi Anda yang belum memiliki pengalaman menghadapi persalinan, penulis akan berbagi tips agar melahirkan normal tanpa gangguan.

Melahirkan secara normal memungkinkan Anda untuk terhindar dari berbagai resiko setelah menjalni proses tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa melahirkan dengan operasi caesar membutuhkan proses pemulihan yang lama dan tentunya tidak gampang. Bekas operasi caesar sangat rentan mengalami infeksi jika tidak mendapat penanganan yang baik.

Berikut Tips Agar Melahirkan Normal

  • Mengikuti Kelas Ibu Hamil

Untuk menjauhkan kecemasan menghadapi proses melahirkan, sebaiknya Anda lebih banyak bersosialisasi dengan orang yang sudah berpengalaman. Dengan begitu maka Anda akan lebih siap dan terhindar dari kecemasan. Berbagi pengalamann selama kehamilan dengan orang lain tentunya akan membuat Anda merasa lebih tenang sehingga peluang untuk melahirkan secara normal semakin besar.

  • Perhatikan Kenaikan Berat Badan

Menjaga berat badan ideal pada waktu hamil sangat penting sebab kelebihan berat badan bisa menyebabkan komplikasi pada kehamilan. Kenaikan berat badan yang tidak terkontrol sangat beresiko menyebabkan persalinan caesar.

  • Pilihlah Penyedia Layanan Untuk Persalinan Normal

Memasuki tahap akhir kehamilan, berkonsultasilah dengan dokter kandungan seputar kehamilan Anda. Selain itu, pilihlah jasa pelayanan untuk melahirkan secara nomal yang terbukti handal. Dokter spesialis atau bidan yang berpengalaman tentunya akan membuat proses melahirkan yang Anda jalani semakin menyenangkan.

  • Persiapkan Energi Ekstra

Dalam menjalani proses melahirkan normal tentunya membutuhkan energi ekstra. Nah, untuk menyiapkan energi tersebut maka perbanyaklah konsumsi makanan yang bergizi dan senantiasa menjaga kebugaran tubuh. Bahkan Anda harus menjaga berat badan ideal sehingga energi yang dihasilkan saat melahirkan bisa maksimal.

  • Usahakan Supaya Anda Rileks

Pikiran tenang akan menghindarkan Anda dari perasaan stres dan depresi menghadapi persalinan. Dokter menyarankan supaya ibu hamil bisa mengelola perasaan sebab hal ini akan berdampak terhadap proses melahirkan. Perasaan cemas memungkinkan Anda untuk menjalani proses operasi caesar. Adapun terapi yang bisa Anda jalani untuk mengelola perasaan yaitu dengan latihan yoga, pijat ibu hamil dan berendam.

Itulah sebagian kecil tips supaya melahirkan normal tanpa caesar. Pada dasarnya banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan persalinan normal. Yang terpenting adalah memperhatikan asupan nutrisi, menghindari perasaan stres dan biasakan untuk rutin berolahraga. Disamping itu, hindari hal-hal yang bisa menyebabkan komplikasi terhadap kehamilan Anda.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517