Tips Mandi Sehat: Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Mandi

Tips Mandi Sehat. Mandi merupakan salah satu ritual yang harus dilakukan sehari-hari untuk membersihkan tubuh. Idealnya mandi dilakukan minimal 2 kali dalam sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Meskipun tergolong kebiasaan rutin dan dilakukan oleh setiap orang, namun seringkali banyak orang yang melakukan tindakan salah ketika mandi.

Ada beberapa hal yang justru bisa membahayakan kesehatan akibat mandi setiap hari. Sekilas mungkin mandi terbilang aktivitas yang sehat, namun jika Anda melakukan tindakan yang salah justru aktivitas mandi menjadi hal yang tidak baik untuk tubuh. Apa saja kesalahan yang sebaiknya dihindarui ketika mandi? Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya dihindari ketika mandi.

Mandi Dengan Air Panas

Sekilas mungkin mandi dengan air hangat terasa menyenangkan, terlebih lagi ketika cuaca dingin atau musim penghujan. Kan tetapi ternyata kebiasaan mandi dengan air hangat justru bisa menyebabkan rambut dan kulit kering. Hal ini karena air hangat akan menghilangkan minyak dan membuka pori-pori kulit. Maka dari itu, jangan terlalu sering mandi menggunakan air hangat.

Keramas Setiap Hari

Keramas bertujuan untuk membersihkan rambut dari kotoran yang menempel. Namun justru keramas yang dilakukan setiap hari akan memberikan dampak negatif untuk kesehatan rambut. Keramas yang dilakukan terlslu sering akan membuat rambut kehilangan minyak alami. Keramas sebaiknya dilakukan setiap dua atau tiga hari. Dengan begitu maka rambut akan memproduksi minyak alami dengan baik.

Menggunakan Scrub Setiap Hari

Sebagian orang beranggapan bahwa penggunaan scrub setiap hari sangat bagus untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Kebiasaan ini sebenarnya tidak tepat karena justru membahayakan kesehatan kulit. Penggunaan scrub sebaiknya jangan dilakukan setiap hari karena akan meningkatkan produksi minyak secara berlebihan pada kulit.

Mengeringkan Rambut Dengan Handuk

Mengeringkan rambut dengan cara menggosok menggunakan handuk sangat jtidak baik untuk kesehatan rambut. Cara tersebut akan menyebabkan kerusakan pada tekstur rambut. Tindakan mengeringkan rambut dengan menggosok menggunakan handuk akan merusakan folikel rambut sehingga kemungkinan bercabang.

Mencukur Sebelum Mandi

Mencukur jenggot bagi lelaki atau bulu kaki bagi wanita tidak dianjurkan untuk dilakukan sebelum mandi. Proses mencukur sebaiknya dilakukan setelah mandi supaya folikel rambut terbuka dan hasilnya pun lebih baik.

Mandi Menggunakan Sikat dan Spons

Spons dan sikat yang digunakan ketika mandi sebenarnya tidak baik untuk kesehatan kulit. Alih-alih bersih justru menyebabkan iritasi pada kulit. Jika ingin menggunakan spons maka gunakan spons lembut sehingga tidak merusak kulit.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang sebaiknya tidak dilakukan pada waktu mandi karena tidak baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517