Tips Kesehatan Mata: Kebiasaan Yang Merusak Kesehatan Mata

Tips kesehatan mata. Menjaga kesehatan mata merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh setiap orang. Hal ini karena kesehatan mata sangat penting mengingat mata merupakan salah satu panca indera dengan fungsi yang sangat vital dalam kehidupan.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata yaitu dengan mengkosumsi makanan bergizi yang mengandung vitamin dan mineral. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin A tergolong nutrisi yang berperan aktif dalam menjaga kesehatan mata. Nutrisi tersebut terdapat pada wortel.

Namun seringkali kita tidak menyadari dengan kebiasaan sehari-hari yang justru memicu kerusakan pada mata. Apa saja kebiasaan buruk yang bisa memicu kerusakan mata? Berikut ini beberapa kebiasaan yang ternyata menjadi pemicu kerusakan pada mata.

Membaca Dengan Pencahayaan Kurang Terang

Kebiasaan membaca buku dibawah cahaya lampu yang kurang terang menjadi salah satu penyebab kerusakan pada mata. Oleh karena itu, jika Anda membaca sebaiknya lakukan hal tersebut dibawah cahaya lampu yang terang sehingga tidak emmicu terjadinya kerusakan mata atau penyakit mata.

Menggunakan Lensa Kontak Saat Tidur

Penggunaan lensa kontak memang tidak boleh sembarangan dan harus sesuai aturan. Kebiasaan menggunakan lensa kontak saat tidur akan memicu terjadinya kerusakan pada mata. Hal ini karena saat sedang tidur mata harusn tetap mengalirkan oksigen, namun jika menggunakan lensa kontak maka aliran oksigen tersebut akan terhambat.

Menatap Matahari Secara Langsung

Jangan membiasakan menatap matahari secara langsung karena kebiasaan tersebut akan menjadi pemicu kerusakan pada mata. Sinar ultraviolet yang mengenai mata Anda akan merusak bagian mata sehingga penglihatan secara perlahan tidak jelas.

Mengucek Mata

Tanpa disadari kebiasaan mengucek mata ketika gatal atau bangun tidur ternyata akan memicu kerusakan pada mata. Hal ini karena pembuluh darah dibagian kelopak mata akan rusak ketika Anda mengucek mata.

Menatap Layar Ponsel atau Komputer Terlalu Lama

Menatap layar ponsel dan komputer dalam jangka waktu yang lama menjadi pemicu kerusakan pada mata. Alangkah lebih baiknya jika Anda mengontrol kebiasaan tersebut sehingga tidak akan berdampak buruk terhadap kesehatan mata.

Obat Tetes Mata Yang Salah

Ketika mata merah atau sakit mata sebaiknya jangan langsung menggunakan tetes mata. Pada dasarnya sakit mata akan hilang secara perlahan dengan sendirinya. Penggunaan tetes mata yang tidak tepat justru memicu terjadinya kerusakan pada mata.

Penggunaan Maskara Dalam Waktu Lama

Produk kosmetik yang mengandung bahan kimia bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan mata. Secara tidak langsung kebiasaan menggunakan maskara dalam waktu lama akan menyebabkan kerusakan pada mata.

Nah, demikian beberapa kebiasaan yang sebaiknya Anda hindari untuk menjaga kesehatan mata. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Selain itu, periksakan diri ke dokter jika terdapat masalah pada kesehatan mata.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517