Tips Kehamilan Untuk Wanita Diusia 20-24 Tahun

Kehamilan merupakan salah satu kodrat yang harus dijalani oleh seorang wanita. Pada zaman sekarang, banyak wanita yang memutuskan untuk menikah di usia muda dan segera memiliki momongan. Nah, pada pembahasan kali penulis akan mengulas tentang tips kehamilan sehat diusia 20-24 tahun.

Pada usia 20-24, wanita akan mengalami perkembangan secara fisik dan psikologis. Secara emosional, pada usia ini wanita masih memerlukan adaptasi untuk menjalani kehamilan. Dalam hal ini dibutuhkan peran penting suami dan orang terdekat sehingga kehamilamn akan terasa menyenangkan. Kehamilan pada usia 20 memang dikategorikan aman karena wanita sudah mengalami kematangan dalam hal perkembangan biologis.

Menurut pakar kesehatan mengemukakan bahwa puncak kesuburan seorang wanita rata-rata ketika mencapai usia 24 tahun. Hal ini akan menekan resiko kelainan pada janin seperti kelainan genetic jika dibandingkan dengan wanita yang hamil diusia 30an.

Secara psikologis, wanita yang hamil pada usia 20an terbilang lebih siap. Mengapa demikian? Pada usia tersebut daya tahan tubuh wanita sangat baik dan memiliki tenaga yang masih ekstra untuk merawat bayi. Dalam hal proses adaptasi juga wanita usia 20an lebih mudah untuk mulai peran baru menjadi seorang ibu bagi bayi yang dilahirkan.

Berikut Tips Menjaga Kehamilan Diusia 20-24 Tahun

  1. Perhatikan Asupan Nutrisi

Bagi ibu hamil muda penting sekali untuk memperhatikan asupan nutrisi untuk tumbuh kembang janin. Pada tahap awal, janin membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi untuk proses pembentukan organ tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa pada trimester pertama kehamilan terjadi pembentukan organ vital seperti jantung, paru-paru, tulang, ginjal dan lain-lain.

Keluhan yang sering dialami pada awal kehamilan adalah nafsu makan berkurang akibat gejala mual dan muntah. Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi perkembangan janin. Untuk menyiasati asupan nutria maka Anda bisa menerapkan pola makan dengan porsi sedikit namun sering. Perhatikan pula asupan makanan yang bergizi. Hindari jenis makanan yang bisa membahayakan kehamilan Anda.

  1. Manajemen Aktivitas

Walaupun usia 20an terbilang produktif, akan tetapi sebaiknya pada waktu hamil bisa mengatur segala kegiatan diluar rumah. Terlalu banyak aktivitas sangat beresiko menyebabkan kelelahan sehingga hal ini bisa mempengaruhi perkembangan janin. Batasi setiap kegiatan dan perbanyaklah istirahat untuk menghindari resiko kelelahan. Selain itu, berkonsultasilah dengan dokter mengenai kondisi kehamilan Anda.

  1. Pengaturan Emosi

Adanya perubahan hormone pada wanita hamil seringkali menyebabkan fluktuasi emosi yang mengakibatkan mudah stres. Dalam hal ini sebisa mungkin ibu hamil harus bisa mengelola stres dengan melakukan terapi emosi, latihan meditasi dan yoga.

  1. Hindari Gaya Hidup Tidak Sehat

Untuk kehamilan yang sehat maka hindarilah segala kegiatan atau gaya hidup yang tidak sehat. Jauhi asap rokok, minuman beralkohol, minuman berkafein dan lain sebagainya. Mulailah ciptakan suasana sehat untuk kehamilan yang normal.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517