Tips Jitu Untuk Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Ketika bayi cegukan tentunya membuat Bunda khawatir dan merasa tidak tega. Secara umum, cegukan pada bayi diakibatkan oleh perubahan emosi. Biasanya cegukan terjadi pada waktu bayi menangis, marah ataupun menyusu. Cegukan merupakan hal yang wajar dan sering terjadi pada bayi, namun Bunda tidak perl;u khawatir karena cegukan bukan indikasi suatu penyakit.

Cegukan pada bayi akan hilang dengan sendirinya dan tidak akan membahayakan kesehatannya. Hanya saja cegukan akan mengganggu kenyamanan sehingga terkadang menyebabkan si kecil menjadi kolik. Ceguk pada bayi diakibatkan oleh belum matangnya fungsi saraf yang mengatur diafragma. Seperti yang kita ketahui bahwa diafragma merupakan sekat antara perut dan bagian dada bayi.

Seiring dengan bertambahnya usia si kecil, kebiasaan cegukan akan hilang karena bayi sudah memiliki sistem keseimbangan pada tubuhnya. Namun meskipun demikian, Bunda harus mengetahui cara yang tepat untuk mengatasi cegukan pada bayi supaya tidak mengganggu kenyamanan si kecil dalam aktivitas kesehariannya.

Berikut Langkah-langkah Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

  1. Biasakan supaya bayi bersendawa setelah memperoleh ASI

Teknik menyendawakan bayi setelah menyusu merupakan salah satu cara untuk mengatasi cegukan. Cara tersebut dinilai sangat efektif untuk mengeluarkan udara dari dalam perut si kecil. Disamping itu, dengan bersendawa sangat efektif untuk meredakan kejang otot sehingga cegukan akan perlahan hilang.  Untuk membuat si kecil bersendawa yaitu dengan cara berdiri dan memposisikan badan bayi sejajar dengan pundak kemudian tepuk secara halus bagian punggung bayi.

  1. Posisi waktu menyusui

Apabila si kecil cegukan pada waktu menyusu maka segera ubah posisinya. Hindari posisi yang memungkinkan bayi Anda menelan lebih banyak udara. Jika cegukan tidak kunjung berhenti maka sebaiknya hentikan terlebih dahulu proses menyusui.

  1. Pijat bagian punggung bayi

Bayi cegukan terkadang menjadi kolik dan rewel. Untuk membuatnya tenang, Anda bisa melakukan pijatan lembut pada bagian punggung si kecil. Usap-usap dengan lembut bagian punggung si kecil sehingga akan membuatnya tenang dan cegukan akan perlahan hilang dengan sendirinya.

  1. Jadwal makan teratur

Ketika si kecil sudah mendapatkan MPASI, maka Bunda bisa membuat jadwal makan secara teratur untuk mencegah terjadinya cegukan. Cegukan terkadang diakibatkan oleh gangguan pada lambung yang akan menyebabkan si kecil muntah. Biasakan untuk memberikan si kecil makan sebelum benar-benarv lapar dan berikan porsi secukupnya. Dengan begitu akan meminimalisir terjadinya cegukan.

Demikian tips untuk mengatasi cegukan pada bayi. Jika bayi mengalami cegukan pada pagi atau malam hari maka lhal tersebut bisa disebabkan oleh kondisi cuaca dingin. Anda bisa mengoleskan minyak telaon pada bagian punggung dan kenakan pakaian hangat untuk si kecil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517