Tips Jitu Puasa Bagi Ibu Hamil

Banyak diantaranya ibu hamil yang bertanya, apakah diperbolehkan puasa bagi ibu hamil? Dan jawabannya itu ada pada diri Anda sendiri, melihat kondisi kesehatan Anda juga janin yang ada di dalam kandungan. Dan jika ibu hamil dinyatakan sehat setelah melakukan pemeriksaan serta melakukan konsultasi dengan ahlinya, maka ibu hamil diperbolehkan untuk menjalankan puasa bagi ibu hamil.

Akan tetapi, menjalankan puasa bagi ibu hamil muda pastinya akan sangat berbeda dengan menjalankan puasa ketika Anda tidak hamil. Oleh karena itu sangat dibutuhkan kiat khusus agar puasa yang tengah di jalankan ibu hamil bisa benar-benar menjadi ibadah juga barokah, bahkan menjadikan janin yang ada di dalam kandungan tetap terjaga dengan baik.

Nah, di bawah ini ada beberapa kiat yang bisa bumil jalankan ketika menjalankan puasa untuk ibu hamil, yaitu sebagai berikut:

Saat Sahur

  1. Ketika tengah sahur, sebaiknya bumil mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan protein juga lemak dalam jumlah yang cukup. Karena kedua jenis zat ini akan bertahan lama dalam pencernaan, sehingga bisa memperlambat perasaan lapar di siang hari. Bahkan ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi daging.
  2. Anda juga harus memperhatikan asupan vitamin C juga mineral untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda. Bumil bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin C juga mineral, hal ini guna menjaga vitalitas kondisi tubuh.
  3. Bumil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki rasa manis ketika sahur, hal ini bertujuan agar kondisi tubuh tidak cepat lemas serta merasa cepat lapar yang diakibatkan oleh insulin shock.
  4. Sebaiknya, sampai waktu sahur habis, bumil harus mengusahakan untuk mengkonsumsi air mineral sebanyak-banyaknya.

Saat Berpuasa

  1. Bumil bisa menjalankan puasa dengan niat serta tekat yang bulat juga ikhlas, hal ini bertujuan agar hari-hari bumil ketika berpuasa terasa ringan serta membahagiakan walaupun dalam keadaan hamil.
  2. Anda harus beristirahat dalam porsi yang cukup. Jika memungkinkan, Anda dianjurkan untuk beristirahat dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya.
  3. Anda harus mengurangi aktivitas yang membutuhkan energi yang banyak. Bahkan Anda harus menghindari stress serta membuang jauh kebiasaan untuk marah-marah.

Saat Berbuka

  1. Anda bisa mengawali berbuka dengan meminum air hangat serta manis, hal ini bertujuan guna meningkatkan kadar gula darah. Namun bumil juga tetap harus membatasi mengkonsumsi makanan serta minuman yang terlalu manis. Bumil juga harus menghindari untuk mengkonsumsi minuman yang dingin, karena minuman dingin bisa menurunkan kerja lambung Anda.
  2. Setelah itu, bumil bisa melanjurkan untuk menyantap makanan yang memiliki kandungan karbohidrat simpleks, sehingga bisa jauh lebih mudah untuk di serap oleh tubuh, seperti kolak atau bahkan kurma.
  3. Setelah salat magrib, bumil bisa menyantap makanan bumil dengan porsi yang besar namun jangan sampai langsung kalap.
  4. Sebelum bumil tidur, sebaiknya bumil mencoba untuk mengkonsumsi makanan ringan serta minuman yang hangat, hal ini bertujuan untuk memproses produksi ASI bumil.

Related Posts

Share This