Tips Jitu Menghilangkan Rasa Sakit Saat Kelahiran Normal

Kelahiran normal merupakan salah satu proses persalinan yang banyak diidamkan oleh para ibu hamil. Bukan hanya itu, kelahiran normal juga merupakan salah satu proses persalinan yang paling banyak di sarankan oleh dunia medis juga para ahli. Ketika bunda menjalani proses persalinan  yang normal, maka itu menandakan bahwa keadaan bunda juga bayi yang ada di dalam kandungan mengalami kesehatan yang sangat baik. Dan pengalaman bunda akan sangat sempurna ketika bunda merasakan perjuangan yang begitu berat yang harus bunda lalui ketika melewati proses persalinan normal. Akan tetapi di balik itu semua, banyak diantaranya ibu hamil yang merasa khawatir juga merasa takut ketika proses persalinan semakin dekat.

kelahiran bayi normal

Dan hal itu sangat wajar di rasakan, karena proses kelahiran normal merupakan satu proses terbesar yang harus di lalui oleh para ibu hamil, yang memang banyak mempertaruhkan nyawa. Agar proses kelahiran normal berjalan dengan lancar, maka tenaga, fikiran serta mental bumil akan sangat dikerahkan. Dan salah satu penyebab yang menjadikan ibu hamil merasa khawatir atau bahkan takut yaitu ketika mereka dibayang-bayangi oleh rasa sakit yang akan menimpa mereka ketika bumil menjalan proses persalinan normal.

Guna membantu bunda dalam melewati kelahiran bayi normal tanpa harus mengalami perasaan takut tersakiti yang luar biasa, maka berikut ini kami menyajikan beberapa tips yang bisa bunda pergunakan dalam kelahiran normal, agar rasa sakit saat proses persalinan bisa berkurang atau bahkan hilang.

  1. Berdoa Kepada Tuhan

Segala sesuatunya dalam kehidupan pastinya sudah ada yang mengatur, yaitu Yang Maha Kuasa. Hanya Dia yang mampu menentukan segala sesuatunya yang ada di dunia ini, termasuk proses persalinan yang akan bunda lalui. Oleh karena itu, bunda di sarankan untuk terus berdoa kepada-Nya, agar proses persalinan yang akan bunda lalui berjalan dengan normal.

  1. Yakin dan Percaya
Baca Juga:  Benarkah Persalinan Sungsang Faktor Keturunan?

Bunda harus mampu menghilngkan segala bentuk bayangan atau bahkan fikiran yang membayangi bahwa proses persalinan itu merupakan satu proses yang menyakitkan. Jika rasa sakit terus membayangi bunda, maka dipastikan proses persalinan yang akan bunda hadapi akan terasa sakit. Maka dari itu, bunda harus menanamkan meikiran bahwa proses persalinan normal itu merupakan proses persalinan yang alami yang memang tidak menyakitkan. Bunda harus percaya terhadap diri sendiri dan yakin kalau proses persalinan bukanlah suatu hal yang harus di takuti, dan hal ini akan membantu psikologis bunda, serta rasa percaya diri dalam menghadapi proses persalinan yang normal.

  1. Lakukan Jalan-jalan Kecil

Ketika kontraksi yang bunda rasakan belum mencapai puncaknya, dan bunda masih memiliki waktu sebelum bunda melahirkan, maka bunda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk berjalan-jalan kecil juga santai di sekitar ruang persalinan. Percayalah hal ini mampu membantu bunda untuk mempercepat juga memperlancar proses persalinan.

  1. Rileks Menjelangkan Melahirkan

Bunda harus tetap rileks ketika menjelangg proses persalinan, karena merasa tegang hanya akan membuat otot bunda menjadi semakin kaku. Jika kondisi seperti ini terjadi terhadap bunda, maka di pastikan proses persalinan akan terasa menyakitkan. Perlu bunda ketahui, bahwa proses persalinan sangat membutuhkan otot-otot yang sangat luwes, bukan hanya itu, ketika proses persalinan pikiran bunda juga harus dalam keadaan tenang.

  1. Dukungan Suami dan Keluarga

Melahirkan merupakan salah satu proses terbesar yang harus di lalui oleh para ibu. Ketika bunda akan melangsungkan proses persalinan, bunda akan sangat membutuhkan banyak dukungan dari keluarga guna melewati proses persalinan yang lancer. Karena dukungan dari keluarga khususnya suami mampu membuat bunda menjadi lebih termotivasi.

  1. Gunakan Teknik Pernafasan Yang Benar
Baca Juga:  Do’a Menjelang Persalinan Supaya Diberi Kelancaran

Perlu bunda ketahui, bahwa selama proses persalinan akan sangat di butuhkan tenaga yang sangat besar. Nah, jika bunda tidak bisa mengatus tenaga ketika proses persalinan, maka proses persalinan akan berjalan begitu lama dan yang pati akan sangat menyiksa bunda. Maka dari itu, salah satu teknik yang bisa bunda pergunakan yaitu mengatur energi dengan baik, yaitu mengatur tekni pernapasan ketika bunda tengah melangsungkan proses persalinan. Karena ketika bunda menggunakan teknik persalinan dengan cara yang benar, akan membantu bunda dalam mengatur energy juga mengatur pasokan oksigen. Bukan hanya itu, mengatur teknik pernapasan yang baik juga mampu membantu bunda dalam rileksasi juga membantu bunda ketika mengejan dan mendorong respon yang positif terhadap kontraksi.

  1. Titik Pusat Perhatian

Bunda bisa membawa sesuatu dari rumah yang bisa bunda jadikan sebagai titik pusat perhatian ketika proses persalinan, misalkan seperti photo keluarga atau beberapa hal lainnya yang mampu menyenangkan hati bunda. Karena hal ini mampu membantu bunda merasakan nyaman ketika bunda tengah melangsungkan proses persalinan.

Itulah beberapa cara serta teknik yang bisa bunda ikuti ketika bunda akan melangsungkan proses kelahiran normal. Semoga tips yang kami berikan kali ini bisa sangat membantu bunda semua dalam melangsungkan proses persalinan normal.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517