Tips Jitu Memilih Sepatu Bayi yang Nyaman Dan Aman Digunakan

Ingat bunda, Anda jangan sembarangan dalam memilih sepatu bayi. Karena jika Anda salah dalam memilih sepatu bayi ternyata bisa mempengaruhi perkembangan kaki si kecil. Ketika sepatu yang Anda pilih kekecilan, maka bisa menghambat perkembangan tulang kaki si kecil, otot juga jaringan ikat di bagian kaki. Bahkan ketika si kecil sering menggunakan sepatu yang sempit, maka bisa terjadinya masalah pada bagian kaki si kecil, karena keadaan kakinya yang masih muda dan lunak.

Namun, membeli sepatu yang kebesaran walaupun sepatu bayi lucu, itu sangat tidak di sarankan. Bahkan untuk saat ini, banyak diantaranya orangtua yang lebih memilih untuk membelikan sepatu si kecil dengan ukuran yang agak lebih besar dengan tujuan agar bisa di gunakan dalam jangka waktu yang lama. Padahal, dengan sepatu bayi yang besar juga bisa menghambat proses berjalan si kecil karena di rasa kurang nyaman, bahkan bisa menimbulkan lecet di bagian kaki.

Lantas, apa saja yang harus di perhatikan dalam memilih sepatu balita atau bahkan sepatu bayi? Berikut ini kami berikan tips dalam memilih sepatu bayi yang nyaman juga aman untuk di gunakan, yaitu sebagai berikut:

  1. Jika si kecil masih belum bisa berjalan, maka Anda tidak di anjurkan untuk membeli sepatu yang memiliki sol yang keras atau bahkan kaku. Ketika si kecil tengah belajar berjalan, maka si kecil membutuhkan alas kaki yang jauh lebih fleksibel guna mengikuti bentuk kakinya ketika ia melangkah. Sepatu yang memiliki sol yang keras juga kaku bisa membuat si kecil kesulitan dalam berjalan, sehingga proses belajar berjalannya akan terhambat.
  2. Bukan hanya tekstur sol yang keras juga kaku, Anda juga tidak di anjurkan untuk membeli sepatu bayi yang memiliki sol yang licin. Mengapa? Karena di khawatirkan bisa membuat si kecil mudah terpeleset, apalagi ketika tengah belajar berjalan. Alangkah lebih baik lagi jika Anda memiliki sol sepatu yang terbuat dari karet yang tidak licin di gunakan di permukaan lantai apapun.
  3. Sebelum Anda membeli sepatu bayi, maka sebaiknya Anda mencobanya terlebih dahulu di kedua kaki si kecil. Jangan hanya Anda mengandalkan nomor sepatu yang pernah di beli sebelumnya, karena saat itu kaki si kecil tengah tumbuh dengan cepat.
  4. PIlihlah jenis sepatu yang ringan. Sebagus dan selucu apapun modelnya, jangan pernah Anda memilih sepatu yang berat, apalagi jika si kecil sedang belajar berjalan.
  5. Dikarenakan keadaan kulit si kecil yang masih sensitive juga halus, maka Anda di anjurkan untuk memilih bahan sepatu yang lembut serta tidak memiliki resikon untuk menimbulkan luka. Anda juga bisa memilih jenis sepatu yang memungkinkan untuk kulit si kecil bernafas, agar kaki si kecil bisa terhindar dari rasa gerah.
  6. Demi keamanan si kecil, Anda juga harus menghindari untuk membeli sepatu yang memiliki model tali. Dikarenakan si kecil masih berada dalam keadaan yang aktif, dan memungkinkan tali sepatunya yang mudah terlepas.

Related Posts

Share This