Tips Jitu Memerah ASI Perah

Ketika seorang ibu jauh dari anaknya, maka sebaiknya ASI harus tetap di keluarkan guna persediaan si kecil jika sewaktu-waktu Anda diharuskan pergi keluar rumah. Hal ini juga di lakukan agar produksi ASI Anda tidak berkurang dan selalu lancer. Dan ketika si kecil di tinggalkan di rumah untuk waktu yang cukup lama, maka Anda bisa menggunakan ASI perah.

ASI ibu bisa diperah dengan melalui tiga cara, yaitu dengan cara menggunakan tangan, menggunakan alat yang digunakan secara manual, atau bahkan dengan menggunakan pompa elektrik. Cara seperti apapun yang akan Anda lakukan ada menghasilkan ASI perah, tetap nomor satu yang harus Anda perhatikan yaitu kebersihan.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memerah ASI, salah satunya yaitu penyimpanan ASI yang harus disimpan di dalam wadah tertutup yang sudah di sterilkan terlebih dahulu guna menampung ASI. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan sebelum Anda memerah ASI hingga bersih. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan posisi jari dalam memerah ASI. Karena posisi jari tangan yang tepat yang disertai dengan tekanan yang benar bisa menghasilkan ASI perah yang maksimal

Berikut ini ada beberapa cara tepat dalam memerah ASI dengan menggunakan tangan, yaitu sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu membersihkan terlebih dahulu putting susu dengan cara memerah sedikit ASI, setelah itu oleskan ASI yang keluar pada putting juga areola. Karena ASI memiliki kandungan zat anti bakteri.
  2. Setelah semua selesai di siapkan, maka Anda bisa memulai memerah ASI dengan cara terlebih dahulu merangsang putting agar terjadi reflex hormon prolactin serta oksitosin timbul.
  3. Anda bisa meletakkan ibu jari sekitar 2-3 cm di atas putting, dan letakkan jari telunjuk Anda di tengah sekitar 2-3 cm di bagian bawah putting, sehingga bisa membentuk huruf C. Setelah itu tekan saluran jari dan sisanya tekan kea rah dinding dada.
  4. Setelah itu Anda bisa menekan daerah areola dengan cara memutar dari belakang putting antara ibu jari dengan jari lainnya ke arah putting, dan setelah itu lepaskan. Jika Anda melakukan cara ini dengan benar, maka tindakan seperti ini tidak akan menyebabkan rasa sakit. Anda bisa mengulangi cara ini beberapa kali sampai ASI benar-benar keluar.
  5. Pindahkan posisi ibu jari serta jari lainnya ke sisi kanan juga kiri areola, setelah itu tekan dengan menggunakan cara yang sama.

Dengan menggunakan cara memerah ASI yang benar, mampu mengosongkan oayudara, dan itu artinya mampu meningkatkan prodiksi ASI. Nah ketika itu, payudara yang telah kosong ini mampu mengirim sinyal ke otak agar otak bisa memerintahkan tubuh untuk memproduksi ASI kembali.Dengan begitu produksi ASI akan terus lancer.

Related Posts

Share This