Tips Ibu Hamil Muda: Menjaga Kehamilan Guna Menghindari Resiko Keguguran

Penting untuk Anda ketahui, bahwa tips ibu hamil muda sangatlah penting untuk di ketahui dan di pahami, hal ini guna menjaga kehamilan agat tetap sehat. Apalagi kalau kehamilan ini merupakan kehamilan pertama bagi Anda.

Anda memang harus benar-benar memperhatikan kehamilan pertama Anda. Mengapa? Karena di periode ini, keadaan janin dalam kandungan masih sangat rapuh, bahkan resiko terjadinya keguguran masih sangat tinggi. Bahkan presentase terjadinya keguguran di awal periode kehamilan sangat tinggi, yaitu mencapai 40%. Maka dari itu penting bagi Anda mengetahui tips untuk ibu hamil muda dalam merawat serta menjaga kehamilannya di usia trimester pertama.

Ada beberapa diantaranya kasus keguguran yang erat hubungannya dengan abnormalitas seperti leukemia, faktor hormonal dan masih banyak lagi. Bahkan ibu hamil yang terlihat sangat sehat itu bukan berarti bisa terhindar dari berbagai masalah yang memang bisa menyebabkan keguguran.

Nah, berikut ini ada beberapa tips hamil muda dalam menjaga kehamilan agar tetap sehat serta terhindar dari masalah keguguran, yaitu sebagai beridkut:

  1. Memperhatikan Makanan

Salah satu cara menjaga kehamilan trimester pertama yaitu yang berhubungan dengan makanan atau minuman yang di konsumsi. Di masa ini, keadaan janin masih sangat lemah, maka dari itu makanan serta minuman yang bisa merusak atau bahkan kurang bisa memberikan asupan vitamin yang baik maka bisa mempengaruhi tumbuh kembang si janin.

Salah satu hal terpenting yaitu nutrisi yang berfungsi untuk menjaga awal kehamilan. Ibu hamil sangat membutuhkan asupan nutrisi tambahan seperti zat besi. Karena kekurangan zat besi mampu memberikan akibat yang fatal untuk perkembangan janin seperti keguguran, lahir premature dan masih banyak lagi gangguan lainnya.

  1. Hindari Rokok dan Obat-obatan

Anda harus menghindari semua bahan-bahan yang jahat yang memang bisa menimbulkan dampak yang buruk terhadap tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan. Salah satunya yaitu merokok, dan merokok ini merupakan tindakan yang bisa merusak janin. Ingat! Bukan hanya ibu hamil yang merokok, namun ibu yang juga sebagai perokok pasif juga bisa merasakan dampak buruknya. Sama halnya dengan obat-obatan atau bahkan minuman keras. Karena bahan kimia yang terdapat di dalam obat-obatan bisa memberikan dampak buruk kepada janin secara signifikan. Oleh karena itu, pastikan Anda untuk menghindari hal-hal tersebut.

  1. Istirahat dan Beraktivitas untuk Menjaga Kehamilan Muda

Ibu hamil harus mampu menyeimbangkan antara waktu beristirahat dengan waktu untuk beraktivitas. Istirahat merupakan salah satu hal yang sangatlah penting, apalagi di usia kehamilan muda. Namun beristirahat yang cukup bukan berarti Anda untuk tidur terlalu banyak karena akan membuat tubuh merasa tidak nyaman. Pada periode ini, ibu hamil akan mengalami banyak perasaan tidak nyaman pada beberapa bagian tubuh, dan beraktivitas ringan mampu menjadi solusi. Nah, guna menunjang vitalitas, maka ibu hamil masih bisa berolahraga ringan yang memang cocok untuk ibu hamil muda.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517