Tips Ibu Hamil: Cara Aman Bergerak Untuk Ibu Hamil

Tips ibu hamil. Bagi Anda yang saat ini tengah mengandung, apalagi ketika usia kehamilan memasuki trimester ketiga, pastinya Anda akan mengalami keluhan. Umumnya keluhan tersebut akan Anda rasakan di bagian pinggang, punggung, panggul juga semua persendian tubuh Anda.

Keluahan-keluhan tersebut pada dasarnya masih berkaitan dengan perubahan fisik ibu hamil, apalagi dengan keadaan perut yang semakin hari semakin membesar. Oleh karena itu, sebaiknya ibu hamil memahami bahwa ada saatnya ketika mereka hamil maka mereka akan mengalami beberapa perubahan fisik.

Nah, di bawah ini ada beberapa tips sehat ibu hamil yang harus di perhatikan, terutama pada gerakan tubuh yang terkadang kurang mendapatkan perhatian dan penting untuk di ingatkan kembali guna mendapatkan perbaikan, yaitu sebagai berikut:

  1. Bangun dari posisi tidur ke posisi duduk.

Tips untuk ibu hamil yang pertama yaitu, ketika terbangun, sebaiknya ibu hamil tidak langsung bangkit dengan keadaan tubuh tetap terlentang dengan kedua tangan bertumpu di kedua sisi tubuh. Cara ini memang merupakan cara yang cepat dan praktis, namun akan menimbulkan gangguan terhadap sistem syaraf bagian punggung juga kram di bagian perut ibu hamil.

  1. Mengambil benda di lantai.

Ketika ibu hamil akan mengambil barang yang mana posisinya ada di tempat yang lebih rendah jika di bandingkan dengan posisi tubuh, maka kerap kali ibu hamil mengalami kesulitan untuk membungkuk, bahkan ibu hamil akan berersiko kehilangan keseimbangan serta terjatuh. Cara langsung membungkuk untuk mengambil benda bukanlah satu cara yang aman, walaupun itu cara yang praktis, namun tidak di sarankan untuk ibu hamil.

  1. Posisi relaksasi mengurangi nyeri pada perut, pinggang dan punggung.

Umumnya ibu hamil akan mengalami kontraksi atau his ketika menjelang persalinan. Kondisi ini biasanya di sertai dengan nyeri di bagian perut yang akan menjalar sampai ke bagian pinggang.

Namun terkadang, keluhan ini juga bisa di rasakan pada bagian tulang punggung sampai selangkangan. Guna mengurangi rasa nyeri saat terjadinya kontraksi, maka ibu hamil bisa melakukan gerakan yang banyak dianjurkan oleh para medis.

Yaitu dengan cara berdiri dengan mendekati dinding yang koko, setelah itu kedua tangan di rentangkan, setelah itu tumpukan kedua telapak tangan ke dinding. Untuk kaki, Anda bisa memposisikan kedua kaki Anda untuk tetap terbuka, guna menjaga keseimbangan badan Anda.

Hal yang tidak kalah penting untuk ibu hamil yaitu, Anda dianjurkan untuk mengikuti senam hamil atau minimal melakukan senam atau olahraga sendiri yang ringan, atau bahkan ANda bisa berjalan ringan jika tidak adanya kontra indikasi. Menghirup udara yang segar serta mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi yang baik bisa membuat tubuh Anda siap untuk menghadapi proses persalinan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517