Tips Ibu Hamil Agar berkendara dengan Aman Serta Nyaman

Di zaman modern ini, banyak diantaranya ibu hamil yang masih membawa kendaraan baik kendaraan bermotor atau mobil ketika berpergian. Apalagi kalau ini bukanlah kehamilan Anda yang pertama, di tambah lagi Anda masih harus mengantarkan anak pertama Anda ke sekolah. Yang menjadi pertanyaannya, apakah mengendarai mobil selama kehamilan berbahaya?

Sebenarnya mengendarai mobil ketika Anda hamil tidaklah berbahaya, jika Anda mengetahui cara menjaga kehamilan Anda dengan baik selama Anda mengemudi. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui beberapa tips sehat ibu hamil agar bisa terhindar dari berbagai ancaman bahaya selama Anda mengendarai mobil.

Satu hal yang perlu Anda ketahui, bahwa semakin tua usia kehamilan Anda, maka keadaan perut juga akan semakin besar dan semakin dekat pula jarak antara perut dengan setir. Dan inilah salah satu hal yang harus Anda perhatikan serta Anda harus lebih berhati-hati lagi ketika Anda mengemudi. Jika anda harus mengendarai mobil dengan jarak tempuh yang jauh, Anda harus memastikan kalau Anda bisa meluangkan waktu untuk membuang air kecil sejenak dalam perjalanan tersebut. Karena tidak bisa di pungkiri, semakin besar keadaan janin yang ada di dalam kandungan, maka akan semakin besar pula keinginan untuk buang air kecil.

Tips untuk ibu hamil selanjutnya yaitu, ketika menyetir, Anda juga harus bisa menyempatkan diri untuk berhenti sejenak guna beristirahat. Menyetir selama 30 menit bisa menghabiskan energi yang Anda miliki, terutama ketika keadaan jalan ramai serta macet. Maka sebaiknya Anda berhenti untuk sekedar menghilangkan rasa lelah sambil meraba perut Anda, dan gunakanlah kesempatan ini untuk meregangkan tubuh Anda yang lelah.

Ketika usia kehamilan memasuki usia 30 minggu, maka Anda tidak di anjurkan untuk mengemudi. Karena di usia ini, keadaan perut Anda sudah semakin membesar, bahkan untuk masuk serta keluar mobilpun akan sangat terasa sulit. Anda bisa mengajak suami atau bahkan saudara untuk mengantar Anda ke tempat tujuan. Hal ini harus Anda perhatikan guna menjaga kehamilan Anda agar tetap sehat ketika menjelang proses persalinan.

Tips ibu hamil yang lainnya terutama ketika mengemudi yaitu, Anda dianjurkan untuk menggunakan sabuk pengaman ketika mengemudi ataupun tidak mengemudi. Bukan hanya untuk keselamatan Anda, namun sabuk pengaman juga akan menjaga janin yang ada dalam kandungan dari segala bentuk kemungkinan. Dan Anda sebaiknya tidak perlu merasa khawatir kalau sabuk pengaman bisa membahayakan janin yang ada di dalam kandungan, karena hal ini juga sudah dibuktikan oleh riset yang ada di dalam jurnal kesehatan Negara Amerika.

Jadi Anda tidak perlu merasa khawatir, karena mereka juga menegaskan bahwa penggunaan sabuk pengaman memang sangatlah aman, dengan catatan dalam pemakaian yang benar. Akan tetapi, ada beberapa diantaranya dokter yang justru melarang keras agar ibu hamil tidak menggunakan sabuk pengaman selama berkendara, dengan alasan agar janin yang ada di dalam kandungan tidak tertekan.

Related Posts

Share This