Tips Diet Sehat Untuk Ibu Menyusui Dengan Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Banyak perubahan yang terjadi pada ibu hamil akibat dari adanya pengaruh hormone. Perubahan yang paling jelas terlihat yaitu perubahan fisik. Kondisi tersebut biasanya tidak serta merta akan hilang setelah melahirkan. Bahkan beberapa wanita mengalami kenaikan berat badan setelah melahirkan sehingga hal ini menurunkan rasa percaya diri mereka. Namun Anda tidak perlu khawatir, pada kesempatan ini penulis akan berbagi tips diet sehat untuk ibu menyusui.

Banyak pro dan kontra tentang diet untuk ibu menyusui. Sebagian orang berpendapat bahwa diet untuk ibu menyusui tidak boleh dilakukan karena bisa menurunkan kualitan dan kuantitas ASI sehingga mengganggu asupan nutrisi untuk si kecil. Perlu Anda ketahui bahwa diet pada waktu menyusui sebenarnya tidak dilarang dengan catatan diet tersebut tidak mengganggu asupan nutrisi untuk bayi. Lalu bagaimana cara untuk melakukannya? Caranya yaitu menerapkan program diet sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Berikut Jenis Makanan Diet Ibu Menyusui Yang Disarankan:

  1. Beras merah

Salah satu jenis makanan yang dianjurkan dalam program diet sehat bagi ibu menyusui yaitu beras merah. Kandungan karbohidrat kompleks pada beras merah sangat efektif untuk mencukupi kebutuhan serat dan rendah gula sehingga akan memberikan efek kenyang lebih lama. Konsumsilah nasi dari beras merah dengan porsi yang kecil dan teratur. Dengan begitu nafsu makan Anda akan lebih terjaga sehingga mendukung program diet yang sedang Anda jalani.

  1. Bayam

Selain menyeimbangkan asupan karbohidrat, lemak dan protein dalam program diet sehat Anda. Ada satu jenis makanan yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu sayuran. Salah satu jenis sayur yang bisa Anda masukkan dalam daftar urutan menu diet Anda yaitu bayam. Sayuran yang satu ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat efektif untuk menunjang program diet. Bayam bisa Anda konsumsi dalam bentuk sup bayam ataupun keripik bayam.

  1. Daging sapi rendah lemak

Banyak wanita yang menghindari konsumsi daging ketika menjalani program diet. Bagi ibu menyusui, konsumsi daging tidak boleh dilewatkan karena sumber nutrisi yang terdapat pada daging sangat dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembang bayi. Untuk mensukseskan program diet Anda, pilihlah daging sapi rendah lemak seperti daging has dalam (tenderloin) ataupun daging bagian luar yang tidak mengandung lemak.

  1. Ikan

Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang sangat efektif untuk mencukupi kebutuhan nutrisi selama menjalani program diet menyusui. Salah satu jenis ikan yang bisa Anda pilih yaitu ikan lele. Ikan jenis ini mengandung lisin yang merupakan bagian dari asam amino yang baik untuk perkembangan bayi. Disamping itu, ikan lele sangat efektif karena rendah akan kandungan merkuri.

  1. Air mineral

Untuk menunjang program diet Anda, penuhilah kebutuhan cairan dengan mengkonsumsi air putih minimal 2 liter perhari. Konsumsi air mineral sangat berguna untuk menjaga kualitas dan kuantitas ASI.

Demikian beberapa tips dan alternatif makanan yang dianjurkan untuk menunjang program diet Anda selama menyusui. Pada dasarnya diet ketika menyusui tidak dilarang selama program diet yang dijalani tidak menghambat asupan nutrisi untuk pertumbuhan bayi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517