Tips dan Cara Menyenangkan Untuk Mengajarkan Sikat Gigi Anak

Sikat gigi anak memangt harus diajarkan sejak dini supaya menjadi sebuah kebiasaan yang baik hingga dewasa. Sikat gigi memang salah satu hal atau kebiasaan yang sangat penting guna menjaga kesehatan gigi. Kebiasaan sikat gigi secara rutin dengan baik dan benar akan menghindarkan gigi dari kerusakan. Maka dari itu kebiasaan baik ini sangat penting untuk diperkenalkan dan diajarkan pada anak.

Mengajak anak untuk sikat gigi memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Biasanya anak-anak sangat sulit untuk melakukan hal tersebut sehingga banyak sekali orangtua yang merasa kewalahan dalam melakukan hal tersebut. Sebaiknya Anda jangan berputus asa, lakukan hal ini dengan perlahan dan jangan terburu-buru supaya anak bisa menjalankannya dengan baik.

Supaya si kecil mau belajar sikat gigi dengan baik maka sebaiknya ciptakan suasana yang menyengkan ketika mengajarkan hal tersebut. Jangan terlalu memaksakan si kecil untuk melakukan hal tersebut karena justru akan membuatnya merasa ketakutan dan tidak mau untuk mengikuti instruksi dari Anda. Ajaklah si kecil dengan perlahan dan lembut maka dengan begitu akan menciptakan kesan yang menyenangkan.

Berikut Ini Tips dan Cara Mengajarkan Sikat Gigi Anak Dengan Menyenangkan

Contohnkan Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar

Nah, langkah pertama yang harus Bunda lakukan untuk mengajarkan sikat gigi anak yaitu dengan memberikan contoh mengenai cara menyikat gigi yang baik dan benar. Supaya lebih menyenangkan, lakukan hal ini di depan cermin di kamar mandi. Dengan begitu maka si kecil akan lebih tertarik untuk melakukanya. Bimbing si kecil untuk menyikat gigi dengan benar. Trik ini dijamin akan membuat si kecil melakukannya dengan bersemangat.

Trik Kompetisi Sikat Gigi

Bagaimana melakukannya? Siapkan kalender dengan stiker yang disukai anak kemudian jika selesai menyikat gigi maka tempelkan 1 stiker favoritnya baik itu ketika selesai sikat gigi pagi maupun malam. Jika seandainya stiker yang ditempel tidak terputus maka berikan penghargaan untuk anak. Ini merupakan salah satu trik supaya si kecil lebih bersemangat lagi untuk melakukan sikat gigi.

Memutar Musik Kesukaan Anak

Anda bisa memutar musik kesukaan si kecil ketika melakukan gosok gigi bersama anak. Hal ini akan membuat suasana sikat gigi bersama anak terasa lebih menyenangkan. Bahkan si kecil akan lebih bersemangat dan biarkan jika dia sedikit bergoyang-goyang. Yang terpenting si kecil mau belajar sikat gigi dengan baik dan benar.

Pasta Gigi yang Menarik

Selanjutnya yaitu berikan pasta gigi yang menarik untuk anak sehingga akan lebih bersemangat untuk melakukanya. Misalnya sikat pasta gigi dengan kemasan gambar superhero atau kartun. Dengan tampilan pasta gigi yang menarik tentunya akan membuat si kecil lebih tertarik untuk menggunakannya.

Berikan Kesempatan Supaya Si Kecil Melakukannya Sendiri

Biasanya anak-anak ingin melakukan kegiatan tersebut sendirian. Oleh karena itu maka biarkan si kecil untuk memilih pasta gigi, sikat gigi dan biarkan juga si kecil untuk meletakkan pasta giginya. Anda hanya perlu memantaunya dan jika kurang tepat maka arahkan. Cara ini dinilai sangat berguna untuk melatih kemandirina dan kepercayaan diri anak.

Itulah tips dan cara menyenangkan untuk mengajarkan sikat gigi anak. Mulailah untuk mengajarkan sikat gigi sejak dini secara perlahan dan cara yang halus. Membersihkan gigi adalah hal yang penting supaya terhindar dari kerusakan gigi. Oleh karena itu jangan sepelekan kegiatan sikat gigi dan segera ajarkan pada si kecil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517