Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Anak

Kesehatan anak merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Hal ini terkait dengan proses tumbuh kembangnya. Jika kesehatannya terganggu maka akan berdampak buruk terhadap pertumbuhannya. Secara umum, kesehatan menjadi prioritas utama supaya si kecil tumbuh dan berkembang dengan baik. Menjaga kesehatan anak, bisa dilakukan dengan berbagai cara termasuk memberikan asupan makanan yang bergizi.

Agar si kecil tidak mudah sakit maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meningkatkan sistem imun tubuhnya. Apabila sistem kekebaln tubuhnya sudah terbentuk dengan baik maka Anda tidak perlu khawatir akan bahaya infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit. Namun kebanyakan orang tidak mengetahui dan bahkan banyak yang mengabaikan kesehatan anak. Padahal sebenarnya kesehatan menjadi faktor penting dalam tahap pertumbuhan.

Pada dasarnya untuk membentuk dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak bukanlah perkara yang sulit. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah asupan makanan yang bergizi seimbang dan senantiasa menjaga kebersihan si kecil dari berbagai aspek. Hal inilah yang menjadi permasalahn dasar para orangtua. Terkadangn tidak memperdulikan kebersihan lingkungan, makanan ataupun pakaian sehingga anak sering sakit.

Berikut Ini Tips Menjaga Kesehatan Anak Agar Tidak Mudah Sakit

  • Perhatikan pola makan

Nah, salah satu cara untuk menjaga kesehatan anak balita yaitu dengan menerapkan pola makan. Dalam tahapan ini Anda harus senantiasa memberikan asupan makanan yang bergizi untuk si kecil. Kebutuhan nutrisi bagi anak dalam masa pertumbuhan lebih banyak dan bahkan dua kali lipat dari kebutuhan nutrisi orang dewasa.

Sumber makanan yang mengandung vitamin dan mineral seperti buah atau sayuran penting sekali bagi anak. Vitamin berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem imun si kecil supaya tidak mudah terserang infeksi penyakit. Secara umum makanan yang  Anda sajikan untuk anak harus mencakup kebutuhan gizi empat sehat lima sempurna.

  • Menjaga kebersihan

Selain nutrisi atau gizi, faktor kebersihan juga tidak kalah pentingnya bagi anak. Supaya tidak mudah terserang penyakit maka faktor kebersihan harus senantiasa diperhatikan. Dalam hal ini meliputi kebersihan lingkungan, pakaian, tempat tidur dan tentunya makanan. Mulailah mengajarkan anak untuk belajar cuci tangan dengan baik sebelum menyentuh makanan. Disamping itu, perhatikan pula kebersihan kuku dan gigi anak.

  • Istirahat cukup

Anak dalam masa pertumbuhan harus lebih banyak mendapatkan waktu istirahat. Usahakan supaya si kecil terhindar dari aktivitas yang bisa menyebabkan pikirannya stres karena bisa berdampak buruk terhadap perkembangan psikisnya. Berikan waktu istirahat lebih banyak pada malam hari dan sempatkan waktu istirahat di siang hari.

  • Tindakan dan penanganan

Apabila si kecil mengalami gejala gangguan kesehatan maka sebaiknya Anda cepat bertindak. Jangan sampai kesehatan si kecil terganggu dan berlarut-larut. Berkonsultasilah dengan dokter jika terjadi gangguan kesehatan.

Itulah sekilas tentang tips dan cara menjaga kesehatan anak. Bagaimanapun anak-anak perlu mendapat perhatian lebih dari Anda sebagai orangtuanya guna mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Related Posts

Share This