Tips dan Cara Menjaga Kehamilan Muda Supaya Terhindar Dari Keguguran

Ketika Anda mengetahui kabar positif hamil melalui pemeriksaan dokter, tentunya hal ini menjadi kabar yang menggembirakan. Terlebih lagi bagi Anda yang mendambakan kehadiran buah hati dalam pernikahan. Memasuki usia hamil muda banyak hal yang harus Anda perhatikan guna menjaga kehamilan yang sehat.

Tips menjaga kehamilan muda menjadi poin penting mengingat pada usia kehamilan muda janin masih sangat rentan mengalami keguguran. Hal ini karena janin belum begitu kuat sehingga jika terjadi guncangan atau kontraksi maka rentan terjadi keguguran.

Lalu bagaimana untuk menjaga kehamilan muda supaya terhindar dari keguguran? Pada dasarnya banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kehamilan muda dan terhindar dari keguguran. Berikut ini cara menjaga kehamilan muda yang bisa Bunda lakukan.

Menjaga Asupan Nutrisi

Salah satu cara menjaga kehamilan muda yaitu dengan memperhatikan kebutuhan nutrisi selama hamil. Tidak bisa dipungkiri bahwa makanan yang bernutrisi adalah salah satu faktor yang menunjang kesehatan dan tumbuh kemmbang janin didalam kandungan.

Gejala morning sickness diawal kehamilan seringkali menyebabkan ibu hamil kehilangan banyak nutrisi. Hal ini tentunya harus disiasati sebab jika kekurangan asupan nutrisi maka janin rentan mengalami keguguran. Terapkan pola makan dengan porsi kecil tetapi sering. Hal ini akan membantu Bunda untuk tetap menjaga asupan nutrisi selama menjalani masa hamil muda.

Hindari Kebiasaan Buruk

Banyak kebiasaan buruk yang sebaiknya ibu hamil hindari untuk mencegah terjadinya keguguran. Hindari konsumsi obat-obatan, minuman beralkohol, minuman yang mengandung kafein dan juga asap rokok.

Tanpa disadari kebiasaan buruk tersebut akan memberikan pengaruh buruk untuk perkembangan janin. Pertumbuhan janin akan terhambat jika Anda tidak menghindarinya. Bahkan pada kondisi yang lebi fatal lagi akan menyebabkan keguguran akibat adanya cacat pada janin sehingga prose perkembangannya terhenti.

Hindari Semua Aktivitas Berat

Ibu hamil memang tidak disarankan untuk melakukan aktivitas berat. Terlebih lagi jika usia kehamilan masih muda. Hal ini karena janin belum sepenuhnya kuat untuk menempel pada rahim sehingga jika ada tekanan dari luar maka rentan terlepas dan terjadi keguguran.

Bagi Anda yang berkarir atau bekerja diluar rumah pada waktu hamil muda sebaiknya menjadwal ulang semua kegiatan supaya tidak memberikan dampak negatif untuk tumbuh kembang janin. Perhatikan asupan nutrisi dan waktu istirahat yang cukup.

Mengelola Emosi

Ketidakstabilan hormone rentan menyebabkan ibu hamil mengalami perubahan emosi yang tidak menentu. Terkadang tiba-tiba marah atau sedih. Kondisi seperti ini harus bisa dikendalikan dengan baik supaya tidak mempengaruhi janin didalam kandungan.

Cara paling mudah untuk mengelola emosi saat hamil muda yaitu dengan rutin mengikuti latihan meditasi ataupun olahraga yoga khusus ibu hamil. Selain itu, hindari aktivitas yang bisa menyebabkan stres.

Hindari Stres

Mengelola emosi dan menghindari stres memang sangat berkaitan. Stres bisa menjadi salah satu faktor penyebab keguguran. Menurut hasil riset menunjukan bahwa ibu hamil yang stres kemungkinan akan melahirkan bayi secara prematur atau bahkan keguguran.

Janin didalam rahim memiliki kemampuan untuk merespon perasaan sang ibu sehingga jika ibu hamil stres maka akan berpengaruh terhadap kesehatannya. Oleh karena itu, hindari stres dan selalu berpikiran positif selama hamil untuk kesehatan Bunda dan janin didalam kandungan.

Nah, demikian beberapa cara untuk menjaga kehamilan muda supaya terhindar dari resiko keguguran. Periksakan kondisi kandungan pada dokter untuk memastikan tumbuh kembang janin. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This