Tips dan Cara Menghilangkan Kapalan

Kapalan mungkin sudah menjadi suatu sitilah yang cukup familiar dikalangan masyarakat. Biasanya kapalan lebih sering terjadi pada orang yang sering melakukan pekerjaan berat. Namun terkadang kapalan juga bisa terjadi pada orang yang sering menyetir mobil ataupun motor. Kapalan bukan suatu penyakit, akan tetapi keberadaanya cukup mengganggu dan membuat telapak tangan terasa kasar. Maka dari itu diperlukan pengetahuan mengenai cara menghilangkan kapalan dengan teknik alami yang aman.

Kapalan merupakan suatu kondisi penebalan kulit yang terjadi di bagian tangan/telapak tangan. Kapalan juga bisa terjadi pada bagian telapak kaki. Penebalan kulit tersebut terjadi sebagai suatu reaksi untuk menghadapi gesekan dan tekananĀ  yang berulang-ulang. Anda tidak perlu khawatir karena kapalan tidak akan membahayakan dan bisa hilang dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu.

Terkadang kapalan bisa menimbulkan rasa sakit dan akan membuat Anda tidak nyaman jika terus menerus terjadi tekanan pada kulit. Maka dari itu meskipun tidak membahayakan sebaiknya Anda menangani kapalan dengan cara yang baik dan benar sehingga tidakl akan mengganggu penampilan dan kenyamanan ketika beraktivitas.

Cara Mengatasi Kapalan Secara Alami

Salah satu cara mudah untuk menghilangkan kapalan adalah dengan menjauhi dan menghindari penyebabnya. Seperti yang kita ketahui bahwa kapalan diakibatkan oleh aktifitas berat yang menyebabkan tekanan pada kulit telapak tangan. Namun bagi Anda pekerja berat seperti pekerja bangunan atau yang biasa menyetir sendiri kendaraan, maka hal ini tidak bisa dihindari dan sebaiknya mengetahui cara untuk mengatasinya.

Adapun cara untuk mengatasi kapalan yaitu sebagai berikut:

  1. Berikan pelembab pada bagian telapak tangan/kaki yang terdapat kapalan. Oleskan krim tersebut secara rutin.
  2. Rendam kaki atau tangan dengan air hangat setelah Anda mandi. Lakukan hal ini kurang lebih selama 20 menit. Langkah selanjutnya yaitu gosok area yang terdapat kapalam dengan menggunakan batu apung.
  3. Oleskan cairan yang mengandung asam salisilat atau callusol pada bagian yang terkena kapalan secara merata. Lakukan cara ini dua kali dalam sehari menggunakan kain lembut/kain kassa.
  4. Hindari menggunting kapalan menggunakan gunting kuku atau pisau. Hal ini karena bisa menimbulkan infeksi. Terlebih lagi jika alat yang digunakan dalam keadaan yang tidak steril. Jika luka maka akan menyebabkan rasa sakit dan bahkan perih sehingga Anda kesulitan untuk melakukan aktivitas.

Apabila kapalan pada telapak tangan atau kaki mulai terasa menyakitkan dan bahkan terjadi pembengkakan, maka segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter. Penanganan dokter akan membentu mencegah infeksi pada kapalan. Terlebih lagi bagi Anda yang menderita diabetes sebaiknya segera memeriksa kapalan dan jangan menyepelekannya sebab bisa menimbulkan terjadinya komplikasi yang membahayakan kesehatan Anda. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This