Tips dan Cara Menggendong Bayi Baru Lahir

Kebahagiaan tentunya tengah menyelimuti Anda yang saat ini baru saja dikaruniai seorang anak. Merawat bayi yang baru lahir bukanlah perkara yang mudah dan harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Tak terkecuali mengenai cara menggendong bayi mungkin sedikit membingungkan dan bahkan menakutkan bagi yang belum berpengalaman.

Bagi orangtua yang baru mempunyai anak mungkin sedikit was-was untuk menggendong si kecil yang baru lahir. Kondisi bayi yang baru lahir seakan memberi kesan masih rapuh sehingga perlu mendapatkan perlakuan khusus dan cara menggendong yang benar. Namun sebaiknya Anda tidak perlu ragu dan jangan khawatir ketika harus menggendong bayi. Dalam hal ini hanyalah kebiasaan yang secara perlahan akan membuat Anda luwes.

Berikut Langkah dan Cara Menggendong Bayi Yang Benar

  • Mendekatlah pada bayi

Langkah pertama cara menggendong bayi yang benar adalah dengan mendekati si kecil, kemudian perlahan selipkan satu tangan di bagian leher dan kepala sehingga akan menyangga. Lalu setelah itu gunakan tangan yang satu lagi untuk menopang bagian pantat dan punggung.

  • Letakan bayi pada bagian lipatan siku

Posisi saat menggendong yaitu dengan meletakkan kepala bayi pada bagian lipatan siku dan sangga bagian pantatnya menggunakan telapak tangan. Kini secara perlahan si kecil bisa Anda angkat dnegan hati-hati. Pelan-pelan dekatkan ke bagian dada dan dekap dengan penuh kasih.

  • Dekap bayi

Setelah Anda mengangkat bayi maka sekarang dekap secara perlahan di bagian dada. Suara detak jantung Anda akan membuat si kecil merasa lebih nyaman.

  • Meletakan bayi

Beberapa lama menggendong si kecil, kini ada saatnya bagi Anda untuk kembali meletakkan si kecil ke tempat tidurnya. Lakukan secara perlahan dengan menurunkan tubuh si kecil terlebih dahulu sampai menyentuh kasur. Anda harus menyangga bagian kepala bayi dan pastikan badan si kecil sudah mendarat di kasur dengan aman sehingga secara perlahan Anda bisa melepaskan tangan dari kepalanya.

Nah, itulah cara menggendong bayi baru lahir. Menggendong merupakan salah satu cara untuk mempererat ikatan bathin dan berkomunikasi dengan si kecil. Selain itu, menggendong bayi merupakan salah satu cara untuk membantu menstimulus tumbuh kembangnya.

Perlu Anda ketahui bahwa ketika si kecil digendong maka akan merasa tenang dan nyaman sehingga berdampak terhadap pertumbuhan dan perkembangannya. Menurut sebuah riset mengatakan bahwa bayi yang sering digendong cenderung akan senantiasa bahagia sehingga tidak pernah mengalami gangguan dalam proses pertumbuhannya.

Untuk lebih nyaman dalam menggendong si kecil ketika berada di luar rumah maka Anda bisa menggunakan alat gendongan. Anda bisa menggunakan selendang gendong atau gendongan selempang. Namun, pastikan alat yang digunakan benar-benar aman dan membuat si kecil merasa nyaman.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517