Tips dan Cara Menggemukan Badan Anak Dengan Mudah

Masalah kesehatan anak tidak hanya terfokus pada kelebihan berat badan atau obesitas saja, namun jauh dari itu permasalahan lain terkait kesehatan anak yaitu kekurangan berat badan atau kurus. Dalam hal ini tentunya berkaitan erat dengan permasalahan gizi.

Berat badan anak yang tidak normal dengan tahapan usianya perlu diwaspadai. Kondisi tersebut bisa mempengaruhi tumbuh kembangnya. Asupan makanan yang bergizi merupakan salah satu hal yang sangat penting guna menunjang tumbuh kembang anak di setiap tahapnya.

Gizi buruk pada anak akan bedampak negatif terhadap perkembangan secara fisik dan psikis anak. Nah, bagi Anda yang saat ini mengalami kesulitan dalam menggemukan badan anak, berikut ini penulis akan memberikan sedikit tips dan cara menggemukan badan anak. Simak selengkapnya.

Buatlah Rencana Pola Makan Untuk Anak

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk menggemukan badan anak yaitu dengan membuat rencana pola makan. Dalam hal ini sebaiknya Anda melibatkan anak sehingga bisa memperkenalkan makanan sehat pada anak.

Dengan mengajarkan anak untuk memilih makanan sehat maka akan lebih mudah untuk memberikan lebih banyak variasi makanan. Jangan terburu-buru untuk memberikan lebih banyak makanan pada anak. Lakukan secara perlahan dan bertahap.

Berikan Konsumsi Makanan Yang Mengandung Lemak Sehat

Untuk menaikkan berat badan anak maka berikan jenis makanan yang mengandung lemak sehat seperti margarin, kacang-kacangan, alpukat, ikan salmon dan ikan tuna. Jangan sesekali memberikan makanan yang mengandung lemak jenuh pada anak karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Jengan Memberikan Makanan Cepat Saji

Hindarkan si kecil dari makanan cepat saji karena tidak baik untuk kesehatannya. Sekalipun bisa menaikkan berat badan dengan cepat namun memiliki dampak negative jangka panjang yang bisa berakibat fatal terhadap kesehatannya di masa mendatang.

Berikan Camilan Sehat

Selain makanan utama, berikan juga camilan sehat untuk anak. Jenis camilan sehat yang bisa diberikan pada anak meliputi jus buah, smoothies, yoghurt dan keju. Bahkan Anda juga bisa memberikan olahan buah-buahan dan sayuran yang sehat.

Buah dan sayur memang sangat dianjurkan untuk diberikan pada anak. Dengan memberikan makanan jenis ini maka akan memberikan pengaruh positif untuk menaikkan berat badannya secara perlahan.

Suplemen Penambah Nafsu Makan

Disamping menyajikan makanan sehat dan bergizi, berikan juga suplemen penamkbah nafsu makan untuk anak. Namun tentunya berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi untuk jenis suplemen yang tepat.

Dengan memberikan suplemen penambah nafsu makan diharapkan si kecil bisa melahap lebih banyak makanan yang bervariasi sehingga kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Dengan begitu maka kemungkinan peningkatan berat badan akan lebih cepat.

Menaikkan berat badan memang bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Namun dalam hal ini tentunya Anda sebagai orangtua harus memiliki kesabaran dan telaten untuk melakukan hal tersebut.

Sajikan menu makanan yang bervariasi setiap harinya guna melengkapi semua kebutuhan nutrisi sei kecil. Selain itu, makanan yang bervariasi juga akan membuat si kecil tidak mudah merasa bosan. Jika si kecil sudah gemar dengan makanan sehat maka bukan hal yang sulit lagi untuk meningkatkan berat badannya.

Dalam upaya menjaga kesehatan tubuhnya, ajaklah si kecil untuk melakukan kegiatan sehat seperti olahraga. Contohnya dengan mengajak si kecil jogging, bersepeda, berenang ataupun senam. Pola hidup sehat menjadi awal tumbuh kembang anak yang sehat. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517