Tips dan Cara Mengatasi Penyakit Asma Di Rumah

Asma merupakan salah satu jenis penyakit yang berkaitan erat dengan sistem pernapasan. Penderita asma umumnya kesulitan dalam bernafas jika penyakit tersebut mulai kambuh. Asma akan membuat penderitanya merasa sesak untuk bernafas dan bahkan tersengal-sengal. Yang paling beresiko adalah ketika terjadi serangan asma secara mendadak. Kondisi ini sewaktu-waktu bisa terjadi dan mengancam keselamatan dari penderitanya. Bagi Anda yang sedang menderita gangguan kesehatan ini, pada kesempatan ini penulis akan berbagi tips dan cara mengatasi penyakit asma dengan perawatan sederhana di rumah.

Penderita asma sebaiknya jangan dibiarkan sendirian karena beresiko kambuh. Jika serangan asma datang secara mendadak dan tidak segera ditangani dengan benar maka bisa membahayakan keselamatan jiwa penderitanya. Maka dari itu, jika Anda memiliki kerabat keluarga yang menderita asma sebaiknya diberikan perhatian lebih untuk menghindari kondisi terburuk yang tidak diinginkan sewaktu-waktu.

Berikut Cara Perawatan Asma di Rumah

  • Perhatikan Kondisi Cuaca

Kondisi cuaca adalah salah satu hal yang harus diperhatikan bagi penderita asma. Kondisi cuaca yang terlalu lembab, panas dan kualitas udara yang buruk akan memperparah penyakit asma. Jika cuaca tidak memungkinkan maka sebaiknya hindari beraktivitas diluar rumah bagi penderita asma.

  • Jauhkan Makanan Yang Memicu Asma

Reaksi alergi yang disebabkan oleh makanan bisa memperparah penyakit asma. Sebisa mungkin makanan yang menyebabkan hal tersebut harus dijauhkan. Jangan biarkan penderita asma mengkonsumsi zat aditif, makanan olahan daging dan susu. Jenis makanan tersebut bisa memperparah penyakit asma.

  • Perhatikan Kebersihan Rumah dan Isinya

Segala perlatah dirumah sebaiknya selalu dalam keadaan bersih dan terhindar dari debu. Terutama tempat tidur, karpet dan lantai yang rentan terkena debu. Kondisi rumah yang kotor dan banyak debu bisa memicu reaksi alergi yang akan memperparah penyakit asma.Terlebih lagi bagi Anda yang terkena asma akut sebaiknya senantiasa membersihkan ruangan dari debu. Untuk melakukan hal tersebut mintalah bantuan orang lain sebab jika Anda sendiri yang melakukannya maka dikhawatirkan bisa terjadi alergi.

  • Hindari Hewan Peliharaan Berkeliaran Di Dalam Rumah

Pecinta hewan peliharaan mungkin akan membiarkan berkeliaran di rumah seperti kucing atau anjing. Namun bagi Anda yang memiliki penyakit asma sebaiknya jangan memberi kesempatan hewan peliharaan berada di dalam rumah sebab sangat beresiko bagi penyakit yang Anda derita. Jauhkan hewan tersebut dari interaksi Anda. Jangan terlalu sering bersentuhan sebab sangat membahayakan kesehatan dan beresiko menyebabkan penyakit asma kambuh dan menjadi lebih parah.

  • Latihan Pernapasan

Latihan pernapasan dengan metode relaksasi yang tepat tentunya sangat berguna dalam meringankan penyakit asma. Lakukan latihan ini dengan teknik yang benar dan teratur. Dengan melakukan latihan pernapasan maka Anda bisa meminimalisir penggunaan inhaler.

Related Posts

Share This