Tips dan Cara Mengatasi Obesitas Pada Ibu Hamil

Asupan nutrisi pada waktu hamil sangat penting untuk diperhatikan sebab hal ini menjadi modal utama untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin. Disamping itu, asupan nutrisi yang tepat sangat berguna untuk menjaga stamina dan energi Anda dalam menjalani masa kehamilan. Namun dalam hal ini seringkali banyak anggapan bahwa untuk memperbanyak asupan nutrisi harus dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang banyak. Anggapan ini tentunya kurang tepat dan beresiko terjadinya obesitas. Kondisi ini tentunya membahayakan dan penting sekali bagi ibu hamil untuk mengetahui cara mengatasi obesitas.

Dalam memperoleh asupan nutrisi yang seimbang tidak berarti bahwa Anda harus menambah porsi makan menjadi lebih banyak. Yang perlu Anda perhatikan dalam hal ini yaitu porsi makan yang tepat dengan kandungan nutrisi yang seimbang. Dengan kata lain bahwa Anda harus mengkonsumsi makanan yang tepat atau kaya akan nutrisi.

Penafsiran yang salah mengenai asupan makanan selama kehamilan seringkali menyebabkan peningkatan berat badan yang tidak terkontrol. Hal ini tentunya sangat berdampak buruk terhadap kesehatan dan perkembangan janin. Resiko berat badan berlebih saat hamil tentunya akan membawa dampak buruk bagi kesehatan ibu hamil dan tentunya janin yang ada di dalam kandungan.

Kelebihan berat badan pada ibu hamil dipicu oleh pola makan yang salah atau pemilihan makanan yang tidak tepat. Ditambah lagi ibu hamil tidak melakukan aktivitas seperti olahraga. Hal ini tentunya sangat penting untuk dihindari sehingga bisa terhindar dari resiko diabetes mellitus, serangan jantung dan hipertensi.

Jika ditelusuri lebih dalam lagi, kelebihan berat badan saat hamil akan berimas terhadap proses persalinan sehingga hal ini bisa memaksa Anda untuk melakukan operasi caesar. Dalam hal ini sebaiknya ibu hamil menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan menghindari makanan yang bisa memicu kenaikan berat badan.

Berikut Tips dan Cara Mengatasi Berat Badan Berlebih Selama Hamil

  1. Memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Jenis makanan ini mengandung banyak serat dan air sehingga akan membantu proses pencernaan pada ibu hamil dan memcegah kenaikan berat badan secara drastic.
  2. Perhatikan asupan karbohidra dan pilihlah jenis karbohidrat yang tidak akan memicu terjadinya kenaikan berat badan secara drastic.
  3. Batasi penambahan garam dalam setiap masakan yang Anda sajikan sebab garam bisa memicu terjadinya masalah kesehatan pada ibu hamil dan memicu kenaikan berat badan.
  4. Lakukan senam khusus ibu hamil untuk menjaga kebugaran dan mencegah terjadinya penumpukan lemak.
  5. Lakukan perencanaan kehamilan yang baik dengan menyiapkan berat badan yang ideal sebelum hamil. Dengan begitu maka Anda bisa menjalani kehamilan sehat tanpa adanya gangguan serta komplikasi yang berarti yang bisa membahayakan.

Demikian sekilas tentang bahaya dan cara mengatasi kelebihan berat badan selama hamil. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda yang sedang menjalani kehamilan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517