Tips dan Cara Mengatasi Bibir Kering

Bibir merupakan salah satu bagian yang paling vital sehingga keindahan dan kesehatannya penting untuk dijaga. Memiliki bibir yang merah merona dan lembut adalah dambaan banyak wanita. Namun seringkali muncul permasalahan pada bibir yaitu pecah-pecah dan bibir kering. Kondisi tersebut tentunya merusak keindahan dan bahkan kesehatan bibir. Lalu bagaimana cara mengatasi bibir kering?

Bibir kering dan pecah-pecah tentunya akan mengganggu kenyamanan serta mengurangi estetika kecantikan seorang wanita. Sebelum melakukan penanganan, alangkah lebih baiknya jika Anda mengetahui penyebabnya terlebih dahulu sehingga permasalahan bibir kering tidak akan sering terjadi dan bisa dilakukan pencegahan.

Perlu Anda ketahui bahwa kulit dibagian bibir tidak memiliki kelenjar minyak seperti halnya kulit dibagian lain. Nah, hal inilah yang menyebabkan bibir mudah keringĀ  dan bahkan menimbulkan pecah-pecah. Hilangnya kelembaban pada bibir bisa diakibatikan oleh kebiasaan menjilat bibir, paparan sinar matahari dan faktor udara yang terlalu kering.

Disamping itu, bibir kering juga diakibatkan oleh faktor dehidrasi sehingga membuat bibir pecah-pecah. Jika kondisinya semakin parah maka akan terdapat celah dan menyebabkan rasa perih. Bahkan lama kelamaan bisa berdarah dan terasa menyakitkan. Kondisi tersebut mengganggu dan menurunkan selera makan sehingga berakibat terhadap kondisi tubuh yang lainnya.

Berikut Ini Tips dan Cara Mengatasi Bibir Kering

  1. Hindari Kebiasaan Menjilati Bibir

Banyak orang yang memiliki kebiasaan menjilati bibir ketika bibir terasa mulai kering. Padahal sebenarnya jcara tersebut bukanlah solusi dan tidak efektif untuk mengatasi bibir kering. Perlu Anda ketahui bahwa air liur atau saliva akan cepat menguap sehingga akan memperparah dan menyebabkan bibir semakin kering. Bahkan kebiasaan tersebut bisa menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah.

  1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Pemicu lain yang menyebabkan bibir kering yaitu kurangnya asupan nutrisi seperti zat besi, vitamin B dan lemak esensial. Maka dari itu penting sekali untuk memenuhi kebutuhan gizi dengan mengkonsumsi makanan sehat. Hal ini dinilai sebagai salah satu cara yang efektif untuk menangani permasalahan bibir kering.

  1. Konsumsi Buah dan Sayur

Sayur-sayuran dan buah-buahan mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna untuk menutrisi kulit dibagian bibir. Penuhi kebutuhan tersebut dengan rutin mengkonsumsinya sehingga bibir menjadi sehat.

  1. Selektif Memilih Lipstik

Dalam pemilihan kosmetik terutama lipstick. Sebaiknya Anda berhati-hati dan hindari produk yang mengandung bahan kimia. Sebab bagaimanapun kulit pada bagian bibir sangatlah sensitif. Pemilihan lipstik yang tidak cocok bisa menimbulkan iritasi, bibir pecah dan kering.

  1. Madu

Anda juga bisa menggunakan madu sebagai ramuan alami dalam mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Caranya sangat mudah yaitu cukup dengan mengoleskan madu pada bibir secara merata. Madu memiliki sifat antibakteri dan kuman yang menyebabkan bibir kering. Lakukan secara teratur untuk proses pemulihan dan mendapatkan hasil yang optimal.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517