Tips dan Cara Mengatasi Bayi Rewel Saat Tumbuh Gigi

Memasuki usia 6 bulan, perkembangan dan pertumbuhan bayi semakin pesat. Pada usia tersebut si kecil terlihat sangat menggemaskan. Terlebih lagi gigi susu pada bayi mulai tumbuh untuk pertama kalinya. Pada awalnya gigi akan tumbuh dibagian depan atas dan bawah. Pertumbuhan gigi merupakan proses yang normal, namun seringkali membuat si kecil merasa tidak nyaman dan rewel. Dalam hal ini Anda sebagai orangtua harus mengetahui cara mengatasi bayi rewel saat tumbuh gigi.

Minimnya pengetahuan kerap kali membuat kebanyakan orangtua mersa kewalahan dalam menyikapi bayi rewel saat tumbuh gigi. Ketidaknyamanan yang dirasakan oleh bayi berkaitan erat dengan rasa nyeri dan gatal. Lalu bagaimanan cara untuk mengatasinya?

Tumbuhnya gigi susu untuk pertama kalinya memang ditandai dnegan bayi yang menjadi rewel dan menangis terus. Hal ini karena pertumbuhan gigi akan mempengaruhi suhu tubuh bayi. Selain itu, tumbuhnya gigi menyebabkan si kecil terus menerus mengeluarkan air liur dan selalu menggigit mainan yang dijumpainya. Dalam hal ini penting sekali untuk dilakukan pengawasan supaya si kecil tidak sembarangan menggigit benda berbahaya.

Untuk pertama kalinya tumbuh gigi memang akan berdampak terhadap nafsu makan si kecil karen terjadi pembengkakan pada gusi yang membuatnya merasa tidak nyaman. Untuk mengatasi keluhan seputar tumbuh gigi yang dialami oleh si kecil, berikut ini tips dan langkah cara mengatasinya.

Inilah Tips dan Cara Mengatasi Bayi Rewel Saat Tumbuh Gigi

  • Mengusap Gusi

Salah satu cara untuk meredakan rasa tidak nyaman saat tumbuh gigi pada bayi yaitu dengan cara mengusap gusi bayi. Masukkan jari Anda secara perlahan ke mulut bayi dan opelan-pelan usap gusinya. Sebagian bayi bisanya akan merasa nyaman dengan cara seperti ini sehingga berhenti menangis.

  • Finger Food

Pada usia tumbuh gigi tentunya si kecil sudah mendapatkan MPASI. Dalam hal ini Anda bisa memberikan finger food pada bayi sebagai upaya untuk meredakan rasa nyeri akibat tumbuh gigi. Berikan finger food dengan tekstur yang tidak terlalu keras sebab belum memiliki cukup gigi untuk mengunyah makanan tersebut.

  • Mainan

Selain finger food, alternatif lain yaitu dengan memberikan mainan gigit yang aman dan terbebas dari bahan kimia. Sebelum diberikan pada bayi, masukkan terlebih dahulu kedalam kulkas supaya dingin dan membuat bayi lebih nyaman ketika menggigitnya.

  • Konsultasi Dokter

Jika rasa nyeri tersebut tak kunjung hilang dan membuat bayi semakin rewel maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Mintalah saran dokter untuk mengatasi hal tersebut sehingga si kecil bisa kembali merasa nyaman.

Demikian beberapa tindakan yang bisa Anda coba dalam mengatasi bayi yang rewel saat tumbuh gigi. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517