Tips dan Cara Menambah Berat Badan Bayi

Cara menambah berat badan. Berat badan bayi merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Penting sekali bahwa berat badan bayi harus selalu mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Berat badan bayi yang semakin bertambah mengindikasikan bahwa pertumbuhan dan perkembangannya berjalan normal. Berat badan ideal bayi memang sangat penting untuk diperhatikan guna menunjang kesehatannya dalam masa tumbuh kembang.

Naik turunnya berat badan bayi memang terbilang hal yang wajar sebab dalam masa transisi tumbuh kembangnya pasti semua anak akan mengalami hal tersebut. Namun jika berat badan bayi tidak ideal sebaiknya jangan diabaikan. Anda sebaiknya berusaha untuk menjaga berat badan bayi supaya tetap ideal. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga berat badan ideal bayi. Salah satunya yaitu dengan memperhatikan asupan nutrisi untuk si kecil.

Dalam upaya untuk menjaga berat badan idela bayi sebaiknya Bunda memperhatikan asupan makanan yang bergizi setiap harinya untuk si kecil. Jika usia bayi sudah diatas 6 bulan maka banyak jenis makanan bergizi yang bisa diberikan untuk bayi. Asupan makanan yang bergizi dalam tahap tumbuh kembang anak merupakan hal yang sangat mutlak penting untuk dilakukan.

Dalam upaya untuk menambah berat badan bayi maka perlu diperhatikan beberapa jenis makanan bergizi yang sangat perlu untuk diberikan. Apa saja jenis makanan dan bagaimana cara menambah berat badan bayi supaya ideal? Simak penjelasannya berikut ini!

Berikut Ini Cara Menambah Berat Badan Bayi

ASI

Salah satu cara menambah berat badan bayi yaitu dengan memberikan ASI secara ekslusif. Bagi bayi yang masih berusia dibawah 6 bulan, pemberian ASI memang menjadi salah satu makanan wajib. Bayi dibawah 6 bulan sebaiknya tidak diberikan makanan selain ASI. ASI merupakan makanan utama. Pemberian ASI secara ekslusif selama 6 bulan tanpa makanan lain memang sangat penting. Kualitas ASI ditentukan oleh apa yang dimakan orangtuanya. Dalam upaya menambah berat badan si kecil sebaiknya berikan ASI yang berkualitas.

Minyak dan Mentega

Selanjutnya cara menambah berat badan bayi adalah dengan memanfaatkan mentega dan juga minyak zaitun. Tambahkan kedalam makanan si kecil minyak zaitun atau mentega guna mendukung tumbuh kembangnya. Jika si kecil sudah mendapatkan MPASI maka penambahan jenis makanan ini akan membantu untuk menaikkan berat badan si kecil.

Keju

Jenis makanan penambah berat badan selanjutnya myaitu keju. Makanan olahan produk susu ini sangat kaya akan kandungan nutrisi yang bisa menunjang tumbuh kembang bayi. Daripada memberikan jenis makanan yang belum tentu sehat maka sebaiknya berikan keju sebagai makanan pendamping untuk di kecil. Terlebih lagi jika si kecil sudah bisa menggenggam makanan maka bisa diberikan keju sebagai MPASI finger food.

Pisang dan Ubi Manis

Untuk jenis makanan selanjutnya yaitu dengan memberikan ubi manis dan juga pisang.  Jenis makanan ini sangat kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin dan juga mineral yang sangat berguna dalam mendukung tumbuh kembang dan juga menambah berat badan bayi. Ubi dan pisang bisa diberikan langsung karena teksturnya lembut. Ubi rebus memiliki tekstur lembut yang akan lebih mudah di cerna oleh bayi.

Buah Alpukat

Kandungan lemak sehat pada alpukat sangat berguna untuk mendukung kenaikan berat badan si kecil. Buah yang satu ini memiliki tekstur daging buah yang sangat lembut sehingga akan elbih mudah di cerna oleh si kecil. Berikan secara teratur untuk membantu mendukung tumbuh kembang si kecil dan menambah berat badannya secara ideal. Tambahkan susu untuk rasa yang lebih enak dan disukai oleh si kecil.

Daging

Dalam tahap pemberian MPASI untuk menambah berat badan si kecil bisa juga diberikan asupan makanan seperti daging tanpa lemak. Kandungan protein dari daging dan vitamin B12, vitamin B6 sangat berguna untuk menambah berat badan si kecil.

Demikain beberapa cara menambah berat badan bayi yang efektif dengan memperhatikan asupan makanan yang bergizi setiap harinya. Cara menambah berat badan bayi bukan perkara yang sulit. Bunda hanya perlu memperhatikan kesehatan si kecil dan berikan asupan makanan yang bergizi.

Related Posts

Share This